HITS tambah alternatif pembayaran utang

Kamis, 19 September 2013 - 15:32 WIB
HITS tambah alternatif pembayaran utang
HITS tambah alternatif pembayaran utang
A A A
Sindonews.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) menyetujui rencana manajemen untuk menggunakan opsi alternatif dalam menyelesaikan pembayaran kewajiban sebesar Rp1,4 triliun atau 58 persen dari total utangnya sebesar Rp2,5 triliun bila rencana debt to equity swap (konversi utang menjadi modal) tidak mungkin direalisasikan.

Direktur Utama HITS Theo Lekatompessy mengatakan, setidaknya ada dua opsi alternatif yang disetujui para pemegang saham dalam menyelesaikan utang perseroan, selain debt to equity swap (DES), yakni pembayaran utang secara angsuran dan pembayaran dengan aset perseroan.

"Sewaktu itu awalnya kita akan melakukan debt to equity swap dalam penyelesaian utang Rp1,4 triliun. Tapi kami perlu persetujuan dalam RUPSLB ini untuk melakukan opsi lain bila swap utang ini tidak memungkinkan untuk dilakukan," kata Theo di Financial Hall, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Dengan persetujuan atas dua opsi lainnya itu, Theo menjelaskan, bukan berarti rencana konversi utang menjadi modal lantas dihentikan. Namun, lebih pada menambah alternatif penyelesaian utang sebesar Rp1,4 triliun tersebut.

"Ketiganya bisa kita lakukan berbarengan, nah masalah porsi nanti kita tunggu hasil kajian tim kita. Tapi utang yang kita bicarakan untuk kita selesaikan adalah sebesar Rp1,4 triliun," pungkasnya.

Sebelumnya, perseroan berencana memilih DES sebagai cara untuk membayar utangnya karena skema ini dinilai akan membuat beban utang perseroan berkurang dan juga saham HITS menjadi lebih banyak.

Selain itu, juga akan menaikkan modal, sehingga diharapkan dapat memperbaiki saldo laba perseroan. Selanjutnya, dengan kinerja positif, perseroan berharap bisa membagikan dividen kepada pemegang saham.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9012 seconds (0.1#10.140)