Singapura-Uni Eropa ratifikasi perdagangan bebas

Jum'at, 20 September 2013 - 15:59 WIB
Singapura-Uni Eropa ratifikasi perdagangan bebas
Singapura-Uni Eropa ratifikasi perdagangan bebas
A A A
Sindonews.com - Singapura dan Uni Eropa (UE) bergerak cepat dalam upaya menyelesaikan ratifikasi perjanjian perdagangan bebas (FTA) yang mencakup sektor kunci energi terbarukan.

Kedua kawasan yang memiliki nilai perdagangan bilateral sebesar USS105 miliar (USD84 miliar) pada 2012, tengah menyelesaikan nota kesepakatan di Singapura. Hal ini untuk membuka jalan yang akan ditandatangani resmi pada semester pertama tahun depan dan diratifikasi oleh parlemen masing-masing pada akhir 2014 atau awal 2015.

Dilansir dari AFP, Jumat (20/9/2013), Singapura-UE sendiri telah menyelesaikan negosiasi pada Desember tahun lalu. Di mana Uni Eropa adalah mitra dagang kedua terbesar Singapura dan investor terbesar di negara pulau tersebut.

Jika perjanjian ini berlaku, semua ekspor Uni Eropa ke Singapura akan menikmati langsung akses bebas bea. FTA juga akan membuat lebih mudah bagi perusahaan Uni Eropa dan Singapura berinvestasi di sektor energi terbarukan.

Perdagangan barang yang berhubungan dengan pembangkit energi terbarukan, seperti mesin dan suku cadang, juga akan dipermudah, antara lain dengan menghapus duplikat pengujian dan persyaratan sertifikasi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7977 seconds (0.1#10.140)