Harga kedelai di tingkat perajin turun Rp400

Sabtu, 21 September 2013 - 18:44 WIB
Harga kedelai di tingkat perajin turun Rp400
Harga kedelai di tingkat perajin turun Rp400
A A A
Sindonews.com - Penghapusan bea masuk kedelai dari sebelumnya 5 persen menjadi 0 persen akan menurunkan harga jual kedelai di tingkat perajin menjadi Rp8.400 dari sebelumnya Rp8.800/kilogram (kg).

"Jelas ini akan menguntungkan perajin tempe dan tahu karena rasio harganya juga akan turun sekitar Rp400," ujar Ketua Koperasi Pengrajin Tempe Tahu Indonesia (Kopti) Soetaryo ketika dihubungi Sindonews, Sabtu (21/9/2013).

Selain itu, Soetaryo mengatakan bahwa penghapusan bea masuk kedelai ditambah dengan pembebasan kuota impor akan menekan potensi kartel kedelai yang saat ini marak dibicarakan.

"Selama ini banyak tuduhan kartel dan diharapkan dengan pembebasan bea masuk ini akan menepis kartel tersebut," lanjutnya.

Tetapi dia belum bisa memastikan kapan harga kedelai di tingkat perajin tersebut diturunkan karena pembebasan bea masuk masih disepakati dalam tataran rapat pleno Tim Tarif.

"Nggak mungkin langsung turun, kan proses administrasi importasi baru akan berjalan," pungkasnya.

Seperti diketahui, karena ketergantungan Indonesia terhadap kedelai impor menyebabkan harga kedelai impor di pasar dalam negeri sempat menyentuh harga Rp10.000/kilogram (kg). Akibat mahalnya harga kedelai tersebut, pemerintah memutuskan menghapus bea masuk impor kedelai. Langkah ini diyakini bisa menekan harga kedelai impor di pasaran.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8096 seconds (0.1#10.140)