Cepat atau lambat tapering off The Fed segera mulai

Senin, 23 September 2013 - 11:14 WIB
Cepat atau lambat tapering off The Fed segera mulai
Cepat atau lambat tapering off The Fed segera mulai
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Mahendra Siregar meminta seluruh pihak untuk tetap waspada dan bersiap diri walaupun tapering off yang akan dilakukan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) ditunda.

Dia mengatakan, gejolak perekonomian yang terjadi akibat pernyataan Gubernur The Fed Ben Bernanke merupakan sinyal bahwa kondisi fundamental ekonomi di beberapa negara berkembang belum menunjukkan kesiapan.

"Ini adalah wake up call bagi kita, untuk menyelesaikan permasalahan fundamental kita dalam waktu cepat karena cepat atau lambat tapering off akan segera dimulai," ujar Mahendra di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Dia mengakui bahwa pembahasan ini adalah salah satu topik yang hangat dibahas antara para Menteri Keuangan negara-negara Asia Pasifik dalam KTT APEC Tingkat Menteri Keuangan, kemarin.

"Mereka melihat statement Bernanke membingungkan karena baru bersifat announcement saja sudah menimbulkan gejolak," katanya.

Bahkan Mahendra mengungkapkan, beberapa negara Asia Pasifik mengalami perbedaan pemikiran terkait akan dihentikannya Quantitative Easing (QE) tersebut.

"Ada yang bilang memang harus dihentikan, namun ada pula yang bilang QE ini seperti obat yang harus dipergunakan terus," sambungnya.

Tetapi Mahendra menegaskan Indonesia mempunyai permasalahan yang sama dengan negara-negara berkembang tersebut, dan harus segera mengimplementasikan paket kebijakan yang sudah dirumuskan agar ketidakseimbangan neraca pembayaran dapat segera dituntaskan.

"Saya pikir Indonesia punya tantangan yang sama dari situasi pasca statement Bernanke tersebut," pungkas Mahendra.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6694 seconds (0.1#10.140)