Indosat serahkan rencana pemanfaatan orbit satelit

Rabu, 25 September 2013 - 15:44 WIB
Indosat serahkan rencana pemanfaatan orbit satelit
Indosat serahkan rencana pemanfaatan orbit satelit
A A A
Sindonews.com - PT Indosat Tbk (ISAT) telah menyerahkan rencana konkret pemanfaatan slot orbit satelit 150.5BT kepada pemerintah dan meyakini pemerintah akan konsisten menjaga iklim investasi di sektor ICT.

"Demi menjaga kepentingan masyarakat luas dan memaksimalkan slot orbit yang dimiliki Indonesia ini," kata Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Dia mengungkapkan Indosat telah mengirim surat kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring pada 20 September lalu perihal Laporan Kemajuan Rencana Peluncuran Satelit PALAPA E pada Slot Orbit 150.5BT. Menurut informasi di Kominfo, rencana konkret Indosat sudah diterima hari ini.

Dia mengatakan, Indosat bukan hanya berupaya mempertahankan slot orbit 150.5BT tetap menjadi milik Indonesia, namun juga meningkatkan nilai slot orbit tersebut bagi Indonesia. Beberapa langkah konkret yang dilakukan antara lain Indosat telah menandatangani perjanjian awal dengan Orbital Sciences.

Perjanjian ini merupakan bagian dari kontrak yang akan ditandatangani, dan disaksikan bersama oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kerja sama kami dengan Orbital Sciences akan memastikan bahwa satelit yang baru akan diluncurkan dalam waktu 26 bulan sejak kontrak ditandatangani. Dengan demikian satelit sudah akan berada di orbit dalam waktu yang cukup sebelum deadline ITU," kata Rusli.

Untuk meningkatkan nilai komersial dari slot orbit 150.5BT dan memperkuat sektor telekomunikasi dan penyiaran di Indonesia, kata dia, Indosat juga telah menandatangani MoU dengan JSAT-SkyPerfect pada Juni 2013 serta dilanjutkan dengan rapat-rapat koordinasi di Tokyo maupun Jakarta untuk mewujudkan perjanjian.

"Dengan adanya kerja sama dengan JSAT-SkyPerfect, maka Indonesia akan memiliki akses terhadap filing Ku-Band. Sehingga dapat memenuhi kekurangan frekuensi untuk penyiaran di Indonesia, dan lebih jauh, akan membantu pemerintah dalam melaksanakan program-program terkait dengan digital dividend untuk meningkatkan penetrasi broadband yang terjangkau di Indonesia," ujarnya.

Rusli mengungkapkan, beberapa calon pelanggan potensial dari sektor keuangan, telekomunikasi maupun penyiaran, telah menyatakan minatnya untuk menggunakan satelit PALAPA E tersebut.

"Selain itu kami juga mempersiapkan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan transponder bagi pemerintah maupun lembaga-lembaga pemerintah lainnya," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4765 seconds (0.1#10.140)