Kadin: UKM mampu topang ekonomi daerah

Kamis, 26 September 2013 - 14:16 WIB
Kadin: UKM mampu topang ekonomi daerah
Kadin: UKM mampu topang ekonomi daerah
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P Roeslani mengatakan, kontribusi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bagi penguatan ekonomi daerah sangat besar.

Sehingga, kata dia, semua pihak harus melakukan upaya-upaya penguatan UKM agar bisa meningkatkan produktivitas dan lebih berdaya saing. Sektor UKM daerah diharapkan kembali dapat menjadi andalan penopang perekonmian nasional.

"UKM bisa menjadi salah satu penopang ekonomi ketika krisis dan itu sudah terbukti. Karena itu, penguatan UKM harus dilakukan agar bisa berkontribusi, tidak hanya bagi penguatan ekonomi daerah saja, tetapi juga nasional," kata dia dalam rilisnya, Kamis (26/9/2013).

Rosan menilai, dengan potensi yang ada, masa depan Indonesia ada di daerah-daerah. Di tingkat daerah, kata dia, potensi demikian beragam mulai dari perkembangan pariwisata, pertambangan, pertanian hingga industri kecil-menengah, dan lain-lain.

"Masing-masing daerah memiliki keunggulannya, kita harapkan pemerintah daerah juga bisa semakin menyadari dan mempraktikkan akan pentingnya kebijakan daerah yang business friendly," ujarnya.

Untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing, sebagian besar pelaku UKM menemui kendala seperti minimnya dukungan pembiayaan, karena aksesnya yang terbatas kepada lembaga perbankan.

"Sebagian besar pelaku UKM dinilai masih belum bankable, sehingga terkendala mengakses pembiayaan untuk mengembangkan usaha," katanya.

Berkaitan hal itu, pihaknya merekomendasikan kepada para pelaku UKM untuk bisa mengakses permodalan melalui lembaga non perbankan untuk mengembangkan usaha. Sehingga tidak terpaku pada perbankan saja.

"PT Palapa Nusantara Berdikari, lembaga pembiayaan bentukan Kadin akan membina badan usaha atau pelaku UKM yang memiliki potensi untuk lebih berkembang," ujar Rosan yang juga merupakan salah satu Komisaris Palapa Nusantara Berdikari.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6770 seconds (0.1#10.140)