Harga sapi di Kulonprogo naik Rp2 juta

Jum'at, 27 September 2013 - 14:00 WIB
Harga sapi di Kulonprogo naik Rp2 juta
Harga sapi di Kulonprogo naik Rp2 juta
A A A
Sindonews.com - Tiga pekan menjelang hari raya Idul Adha, harga sapi dan kambing di Kabupaten Kulonprogo melambung. Satu ekor sapi yang biasanya dijual dalam kisaran Rp11 juta sampai Rp13 juta, kini sudah laku di kisaran Rp13-16 juta untuk ukuran sedang. Sementara sapi yang ukuran jumbo di atas Rp18 juta.

“Setiap menjelang kurban, memang harga akan selalu melambung,” jelas salah satu pedagang sapi Hadi Mulyono, Jumat (27/9/2013).

Menurutnya, permintaan sapi menjelang hari raya kurban memang mengalami peningkatan. Tidak hanya di dalam Kulonprogo, namun juga banyak permintaan dari luar kota. Untuk sapi lokal banyak dikirim ke wilayah Purworejo hingga Kebumen. Sedangkan untuk luar kota, dirinya mengirimkan hingga di Bandung, Jakarta dan juga Bekasi.

Sapi-sapi ini sendiri dibeli dari masyarakat yang ada di Kulonprogo. Namun, tidak sedikit sapi ini dibeli dari pedagang yang ada di pasar hewan Gamping, Sleman. Menjelang hari Raya, pihaknya juga banyak menyetok sapi untuk memnuhi kebutuhan masyarakat. “Semakin mendekati hari H, harga akan lebih tinggi,” jelasnya.

Tidak hanya harga sapi, harga kambing juga mengalami lonjakan. Untuk kambing ukuran sedang, selama ini dijual dalam kisaran Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. Namun kini harga kambing sudah melonjak antara Rp2 juta sampai dengan Rp2,5 juta. “Harga tergantung besar kecil kambing, tetapi harganya semuanya naik,” jelasnya.

Lurah pasar Pengasih, Rahmat mengatakan, saat ini telah terjadi peningkatan transaksi jual beli hewan kurban. Jika pada hari pasaran hanya terjadi antara 50 sampai dengan 60 transaksi, kini sudah melonjak sampai dengan 100 transaksi. “Sejak dua pekan ini, transaksi terus meningkat,” tuturnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6302 seconds (0.1#10.140)