RI usulkan tingkatkan kerja sama 'Asean Plus Three'

Sabtu, 28 September 2013 - 12:53 WIB
RI usulkan tingkatkan kerja sama Asean Plus Three
RI usulkan tingkatkan kerja sama 'Asean Plus Three'
A A A
Sindonews.com - Indonesia mengusulkan negara-negara Asean meningkatkan level kerja sama dan hubungan baik dengan tiga negara, yaitu Jepang, China, dan Korea Selatan, dalam kerangka kerja sama 'Asean Plus Three'.

Indonesia menilai, ketiga negara tersebut selama ini menjadi mitra strategis Asean dalam menghadapi persoalan pangan dan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian RI Suswono dalam pertemuan ke-13 Menteri Pertanian dan Kehutanan Asean dengan tiga negara mitra China, Jepang, dan Korea Selatan di Kuala Lumpur, Malaysia, dalam siaran persnya yang diterima Sindonews, Sabtu (28/9/2013)

Pada kesempatan itu, Mentan mengemukakan, Indonesia bersama-sama dengan negara Asean Plus Three memiliki tanggung jawab yang sama untuk memastikan ketahanan pangan dan pertanian. Sebab itu. Indonesia menegaskan kembali dukungannya terhadap berbagai langkah nyata untuk menjaga ketahanan pangan dan keamanan pertanian di kawasan.

“Saya ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama bahu membahu menciptakan ketahanan pangan, bukan hanya untuk generasi kita, tetapi juga untuk anak cucu kita,” kata Suswono.

Menurutnya, Indonesia mengapresiasi kerja sama antara Asean dengan tiga negara mitranya dalam bidang pangan dan pertanian. Kerja sama tersebut memberikan kontribusi besar di sektor pangan dan pertanian, khususnya untuk menghadapi Asean Commmunity 2015.

Mentan juga melihat sejumlah kemajuan dan langkah-langkah konkret dalam kerja sama. Namun demikian, Indonesia meyakini masih banyak ruang untuk lebih meningkatkan kerja sama di banyak bidang. Seperti upaya mengatasi isu perubahan iklim, riset dan pengembangan bio energi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5734 seconds (0.1#10.140)