Pengguna ChatOn tumbuh 100% dalam empat bulan

Selasa, 01 Oktober 2013 - 10:02 WIB
Pengguna ChatOn tumbuh 100% dalam empat bulan
Pengguna ChatOn tumbuh 100% dalam empat bulan
A A A
Sindonews.com - Persaingan aplikasi instant messenger (IM) memang luar biasa. Perusahaan asal Jepang, China, Kanada, dan Korea Selatan saling bersaing lewat aplikasi andalan mereka sendiri.

Maklum, IM adalah aplikasi yang sangat menarik. Penggunanya banyak dan pertumbuhannya luar biasa. Dan perusahaan seperti KakaoTalk ataupun Line sangat berhasil memonetisasi aplikasi mereka.

Di Korea Selatan, KakaoTalk bukan jadi satu-satunya pemain di IM. Sebab, vendor hardware terbesar dunia Samsung Electronics Co. juga memiliki aplikasi IM sendiri yang disebut ChatOn.

Mereka baru saja mengumumkan bahwa pengguna ChatOn telah mencapai lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. ChatOn diluncurkan pada Oktober 2011.

Pada Mei 2013, jumlah penggunanya mencapai 50 juta orang. Dan hanya dalam empat bulan pertumbuhannya mencapai dua kali lipat jadi 100 juta.

Pertumbuhan pengguna ChatON yang sangat signifikan ini dinilai terjadi karena beberapa sebab. Pertama, dukungan yang diberikan melalui pasar internasional.

ChatON telah mengalami pertumbuhan yang stabil di India, China dan Amerika Serikat, dan menjadi semakin populer di Eropa dan Timur Tengah. Saat ini aplikasi itu tersedia dalam 63 bahasa.

Kedua, keuntungan Samsung sebagai vendor ponsel terbesar di dunia. Karena ChatOn sudah terdapat pada sebagian besar perangkat Galaxy, mulai Galaxy Note II, S4, Note 3, Galaxy Gear, juga Galaxy Camera.

Terakhir, fitur ChatOn cukup bersaing dibandingkan kompetitornya. Aplikasi itu, misalnya, dapat di semua OS mobile (Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone), bahkan PC.

Selain itu, ChatOn juga memiliki fitur interface seperti kemampuan menggeser dengan mudah dan memasukkan media files ke dalam chat dengan menggunakan fitur multi-window. Pengguna juga dapat membuat pesan berupa tulisan tangan dengan S pen saat menggunakan Galaxy Note 3.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9636 seconds (0.1#10.140)