RI-Peru sepakat tingkatkan kerja sama perdagangan

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 13:44 WIB
RI-Peru sepakat tingkatkan kerja sama perdagangan
RI-Peru sepakat tingkatkan kerja sama perdagangan
A A A
Sindonews.com - Setelah acara APEC Ministerial Meeting Officials Dinner di
Amanusa Hotel, Nusa Dua, Bali, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengadakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Pariwisata Peru Magali Blanca Silva Velarde Alvarez.

Pertemuan ini mengawali pertemuan bilateral kedua negara dengan menindaklanjuti hasil kesepakatan kedua Kepala Negara Indonesia dan Peru pada pertemuan APEC di Vladivostok, Rusia pada 2012 dan kunjungan kerja Menteri Perdagangan Indonesia ke Peru pada tahun yang sama.

"Untuk itu, kita perlu meningkatkan jaringan dan komunikasi yang lebih baik di sektor perdagangan, investasi, dan beberapa sektor lainnya," kata Gita dalam rilisnya, Sabtu (5/10/2013).

Langkah selanjutnya yang telah digagas dan diusulkan Gita adalah pembentukan Indonesia-Peru Preferential Tariff Agreement (IP-PTA) yang akan difokuskan pada pembahasan beberapa produk tertentu terlebih dahulu. termasuk sektor pendukung yang memperlancar arus barang.

Menanggapi usulan Indonesia, Menteri Magali Blanca menyampaikan bahwa pihaknya sangat memahami kepentingan pemerintah Indonesia dan sepakat atas pembentukan IP-PTA. Di samping itu, Menteri Magali Blanca juga mengusulkan peningkatan kerja sama di sektor pariwisata, selain di sektor perdagangan dan investasi.

"Pariwisata adalah area yang dapat dikerjasamakan secara saling melengkapi tanpa harus berkompetisi," ujar Menteri Magali Blanca.

Menteri Magali Blanca juga menyampaikan bahwa pihaknya setuju untuk menjadi third country atas usulan Indonesia case study for sustainable trade development di Forum APEC. Di mana Papua New Guinea (PNG) telah setuju sebagai supporting country.

Gita menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan Peru atas proposal Indonesia di forum APEC. Selain itu, Gita juga menyampaikan update perundingan isu penting lainnya pada pertemuan APEC yang sedang berjalan saat ini, serta proses persiapan KTM WTO ke-9 di Bali pada Desember mendatang dan meminta dukungan Peru untuk menyukseskan KTM WTO.

Pada tingkat teknis, Menteri Gita Wirjawan menyampaikan bahwa Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional, Iman Pambagyo akan menjadi vocal point untuk menindaklanjuti perundingan Indonesia Peru PTA.

Sementara, Menteri Magali Blanca menunjuk Direktur APEC Peru, Julio Chan, sebagai vocal point dari pihak Peru.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)