Alumni IPB siap bangun kemandirian pangan

Minggu, 06 Oktober 2013 - 12:15 WIB
Alumni IPB siap bangun kemandirian pangan
Alumni IPB siap bangun kemandirian pangan
A A A
Sindonews.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun dengan mengadakan reuni emas bertema 'Bersama Membangun Kemandirian Pangan'.

Di hari jadi yang setengah abad itu, ribuan alumni IPB berkumpul untuk mewujudkan kemandirian pangan Indonesia serta membangun kesadaran kolektif bagi kemajuan bangsa dan negara ke depan.

“Inilah saat yang tepat bagi seluruh civitas academica IPB bersama seluruh alumninya, untuk berkontemplasi merajut kembali masa depan Indonesia yang lebih gemilang. Serta meneguhkan kepedulian terhadap masalah bangsa dan negara,” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono saat konferensi pers Reuni Emas 50 Tahun IPB di Jakarta, Sabtu (5/10/2013) malam.

Sebagai negara agraris, dia menjelaskan, Indonesia hingga saat ini belum bisa mencukupi kebutuhan pangan rakyatnya secara swasembada. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para alumni IPB untuk meneguhkan kembali komitmen para alumninya.

“Tema reuni emas ini bukanlah sesuatu yang utopia sebab terbukti bahwa pada beberapa tahun lalu, Indonesia telah berhasil mencapai swasembada pangan,” papar dia.

Dia berharap, momentum reuni emas tersebut dapat mendorong alumni IPB dan seluruh komponen bangsa bertekad lebih gigih dalam memperjuangkan kemandirian pangan nasional, meskipun tantangannya begitu berat. Bambang berharap, para alumni IPB dapat unggul dalam segala hal, terutama terkait dengan persoalan pangan.

“Persoalan ini perlu kita lebih perhatikan untuk bisa membangun bangsa. Ke depan, kami berencana akan membuat pilot project di beberapa daerah terkait untuk mewujudkan kemandirian pangan," ujarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5490 seconds (0.1#10.140)