Surat dan paket Kantor Pos Solo sumbang Rp2 M/bulan

Rabu, 09 Oktober 2013 - 17:34 WIB
Surat dan paket Kantor Pos Solo sumbang Rp2 M/bulan
Surat dan paket Kantor Pos Solo sumbang Rp2 M/bulan
A A A
Sindonews.com - Dari segi 'mail' dan 'parcel' atau surat dan paket, rata-rata di setiap bulannya Kantor Pos Besar Solo mampu meraup Rp1,5 miliar hingga Rp2 miliar dari total revenue atau pendapatan yang ditargetkan tahun ini.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Kantor Pos Besar Solo, Achmad Fuad Khamali kepada wartawan di sela-sela perayaan World Post Day atau Hari Pos Sedunia yang jatuh setiap tanggal 9 Oktober di Solo Paragon Lifestyle Mall, Rabu (9/10/2013).

"Secara bisnis, untuk mail dan parcel ini termasuk tertinggi ketiga di (area) Jateng DIY setelah Yogyakarta dan Semarang. Kontribusi surat dan paket pos ini sekitar Rp1,5-2 miliar dalam satu bulan. Melihat (angka nominal ini) potensi surat menyurat di Solo masih cukup tinggi. Di sini pun tersedia beragam layanan surat menyurat seperti kilat khusus dan pos ekspress, yang berdasarkan fitur masing-masing," ujar Fuad.

Dari pendapatan tersebut, lanjut dia, surat menyurat dari korporate seperti perbankan dan perusahaan leasing mendominasi di dalamnya. Begitu pula dengan retail dari pribadi yang lebih pada surat jenis lamaran.

Revenue Kantor Pos Besar Solo juga terdongkrak hingga dua persen dengan adanya lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2013 ini. "Berkas lamaran saja banyak, yang ditargetkan oleh Pemkot (Solo) seribu surat pelamar dan ternyata tembus hingga dua ribu (surat pelamar). Itu khusus CPNS yang dibuka tanggal 20-30 September 2013 kemarin. Angka 2.000 ini melebihi prediksi," jelasnya.

Meskipun keberadaan surat dan paket pos sekarang banyak ditinggalkan oleh masyarakat karena pertimbangan kemajuan teknologi, namun tidak menyurutkan semangat Kantor Pos Besar Solo untuk menargetkan pendapatan hingga Rp3 miliar dari segi surat dan paket pos. Apalagi melihat masih besarnya potensi yang dimiliki terutama dalam hal surat-menyurat dan paket pos.

Sekadar informasi, bidang surat dan paket pos menyumbang revenue terbesar bagi Kantor Pos Besar Solo. Disusul dengan jasa keuangan macam post pay. Untuk post pay sendiri, mampu memberikan kontribusi bagi revenue sekitar 75 persen dari bisnis surat menyurat dan paket pos.

"Target baik mail, paket, dan jasa keuangan untuk tahun 2013 sekitar Rp3 miliar per bulan. Untuk target total dalam setahun, Rp20 miliar, saat ini tercapai Rp13 miliar sampai dengan September (2013). Dari mail dan paket ini, sekitar 54 persen memberikan kontribusi kepada area regional (Jateng-DIY)," kata dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6296 seconds (0.1#10.140)