Investor China dan Malaysia lirik pertanian Jabar

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 17:53 WIB
Investor China dan Malaysia...
Investor China dan Malaysia lirik pertanian Jabar
A A A
Sindonews.com - Investor asing asal China dan Malaysia mulai melirik sektor pertanian Jawa Barat (Jabar). Kedua investor tersebut rencananya akan mengembangkan budidaya tanaman padi.

Rencana masuknya investor China dan Malaysia menggarap pertanian padi di Jabar diakui Kepala Dinas Pertanian Jabar Diden Trisnadi. Menurut dia, pihaknya telah mendengar rencana masuknya dua investor asing tersebut.

Mereka berencana membeli lahan sawah di Subang. Mulai November ini, kedua investor akan mulai membangun lahan persawahan dan proyek pengolahan terpadu.

"Nilai investasinya sekitar 6,5 miliar ringgit atau USD2 miliar. Apabila di rupiahkan sekitar Rp20 triliun," jelas Diden di Bandung, Jumat (18/10/2013).

Menurutnya, lahan tersebut akan dijadikan lahan persawahan tanaman padi. Hasil tanam padi di kawasan tersebut, rencananya akan diekspor ke China dan Malaysia.

Atas rencana tersebut, Pemprov Jabar mengaku khawatir, investor akan mengganggu hak milik petani di Jawa Barat. Dinas Pertanian Jabar, lanjut dia, telah melakukan langkah koordinasi dengan Pemda Subang atas rencana tersebut. Namun, pihaknya belum bisa memastikan mendapat izin atau tidak dari Pemda Subang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9117 seconds (0.1#10.140)