Gaji naik, Presdir Freeport minta karyawan tingkatkan kinerja

Selasa, 22 Oktober 2013 - 17:16 WIB
Gaji naik, Presdir Freeport...
Gaji naik, Presdir Freeport minta karyawan tingkatkan kinerja
A A A
Sindonews.com - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI), Rozik B Soetjipto mengatakan, bukanlah hal yang mudah dalam merumuskan poin-poin terkait kenaikan upah karyawan.

Meski demikian, ada dua hal yang dia tekankan terkait kesejahteraan karyawan. "Pertama saya tidak akan mengorbankan kesejahteraan perusahaan dan karyawan. Kedua, saya akan meminta kepada seluruh karyawan untuk bekerja semaksimal mungkin dan memberikan kontribusi tanggung jawab dan suasana kerja yang harmonis," katanya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Rozik mengakui, sebelumnya banyak pihak yang pesimis tentang kesepakatan ini, bahkan tempat perundingan pun dipermasalahkan. Namun, dengan jalan berunding baik manajemen maupun serikat pekerja akhirnya menemukan kata sepakat dan menyeleseikan dengan cara musyawarah.

Sementara, berkaitan dengan berapa gaji pekerja di Freeport dan persentase kenaikan gajinya tidak diungkapkan Rozik. Dia justru yakin banyak hal yang harus dibicarakan lebih penting dari angka dan uang.

"Yaitu bagaimana caranya menjaga suasa kerja yang baik, agar terus berkembang dan tidak hanya mensejahterakan karyawan tapi juga berdampak baik untuk kemajuan negara," kata dia.

Seperti diketahui, PT Freeport Indonesia telah melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Pengurus Unit Kerja-Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK SPKEP SPSI) ke-18 untuk periode 2013-2015.

Dalam PKB tersebut telah disepakati perubahan komponen serta besaran gaji pokok. Hal ini berdampak langsung pada kenaikan pendapatan tenaga kerja hingga Rp20 juta untuk tenaga kerja tingkat pratama.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0593 seconds (0.1#10.140)