Jadi pusat pertumbuhan, pemerintah dorong investasi

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 11:16 WIB
Jadi pusat pertumbuhan, pemerintah dorong investasi
Jadi pusat pertumbuhan, pemerintah dorong investasi
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, pertumbuhan investasi di masa depan akan menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Saya kira tantangan berikutnya adalah investasi. Ini yang akan kita dorong karena pusat pertumbuhannya di ASEAN dan Indonesia," kata Hatta dalam pidatonya pada acara Rakornas Kamar Dagang Indonesia (Kadin) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Sehubungan dengan hal tersebut, Hatta juga memberikan apresiasinya kepada Kadin yang menempatkan investasi sebagai pokok bahasan dalam penyelenggaraan Rakornas hari ini.

"Rakornas ini menjadi penting untuk memberikan sinyal kepada dunia dan implementasi empat respon kebijakan pemerintah dengan mengurangi defisit dan inflasi," tegas Hatta.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebelumnya merilis data realisasi investasi di Indonesia hingga kuartal III tahun ini mencapai Rp100,5 triliun. Realisaisi investasi di atas Rp100 triliun ini merupakan rekor yang berhasil dicapai Indonesia.

Adapun, realisasi investasi itu terdiri atas penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp33,5 triliun atau naik 32,9 persen dibanding periode yang sama 2012. Sedangkan untuk penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp67 triliun. Dibanding kuartal II/2013, realisasi investasi kuartal III naik 22,9 persen, dimana realisasi investasi pada kuartal II tercatat senilai Rp82,8 triliun.

Sementara itu, acara yang digelar Kadin ini sedianya akan dihadiri sejumlah menteri dan petinggi perusahaan serta jajaran penggiat Kadin. Sebut saja, Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Chris Kanter, WKU Kadin Bidang Investasi Peter F. Gontha, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan Kemko Perekonomian Edy Putra Irawadi dan Dirjen Kerja Sama Industri Internasional Agus Tjahjana.

Selain itu, akan hadir pula Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, WKU Kadin Bidang Perindustrian Sudirman M Rusdi dan Ketua LP3E Kadin Didik J. Rachbini

Pemangku kepentingan di sektor usaha kecil dan menengah (UKM) akan turut meramaikan acara, seperti Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, WKU Kadin Bidang Koperasi dan UKM Erwin Aksa serta Direktur Utama BRI Sofyan Basir.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5490 seconds (0.1#10.140)