Pengamat: Bank BUMN harus terbuka

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 12:18 WIB
Pengamat: Bank BUMN harus terbuka
Pengamat: Bank BUMN harus terbuka
A A A
Sindonews.com - Pengamat pasar modal dan perbankan, Deni Daruri meminta bank badan usaha milik negera (BUMN) melakukan keterbukaan infomasi kepada publik.

Hal ini menyusul kasus penyuapan terhadap pejabat tiga bank BUMN oleh Diebold Inc, perusahaan penyedia mesin ATM terbesar di Amerika Serikat (AS).

"Sekarang sudah sangat jelas bahwa pengadilan AS telah menyatakan Diebold melakukan suap, jadi harusnya Bank Indonesia (BI), BPK dan KPK cepat tanggap untuk melakukan internal audit terhadap bank-bank milik negara yang seringkali tidak terbuka," ujar Deni, Sabtu (26/10/2013).

Dia menambahkan, bahwa BPK harus mulai "pelototi" secara internal bagaimana sistem perbankan bank-bank BUMN sehingga akan ada keterbukaan informasi dan verifikasi yang jelas. "Kalau perlu Dirjen BUMN disadaplah telponnya oleh KPK", tegasnya

Menurut Deni, upaya pemeriksaan bank milik negara harus terus ditindaklanjuti, sehingga jika ada hal-hal lain yang tidak sesuai atau janggal bisa cepat ditemukan dan bank khususnya milik negara tidak gampang melakukan penyimpangan
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5897 seconds (0.1#10.140)