Jika dibiarkan bisa goyahkan perekonomian negara

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 16:19 WIB
Jika dibiarkan bisa goyahkan perekonomian negara
Jika dibiarkan bisa goyahkan perekonomian negara
A A A
Sindonews.com - Kasus suap yang dilakukan perusahaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) asal Amerika Serikat (AS), Diebold Inc kepada tiga pejabat bank milik negara (BUMN) secara keseluruhan tidak memberikan pengaruh besar bagi perbankan Indonesia.

Namun, yang menjadi hal penting adalah tingkat kepercayaan masyarakat atau publik terhadap bank bersangkutan akan berkurang. Jika dibiarkan bisa menggoyahkan perekonomian negara. Hal tersebut diungkapkan pengamat pasar modal dan perbankan, Deni Daruri.

"Pengaruhnya terhadap perbankan tidak ada, masih stabil hingga saat ini, paling yang kena imbasnya adalah tiga bank terkait dan Diebold sendiri," ujarnya saat dihubungi Sindonews, Sabtu (26/10/2013).

Namun, lanjut Deni, kasus suap seperti ini dapat mengikis kepercayaan masyarakat/publik industri perbankan. Jika kasus ini tidak didalami dan tidak ditindaklanjuti dengan segera, hal tersebut dapat menggoyangkan kondisi ekonomi secara keseluruhan.

"Jika diteruskan tentu sudah pasti menimbulkan ketidakpercayaan pada sektor perbankan dari masyarakat. Jika masyarakat tidak lagi percaya pada sistem perbankan akan berbahaya, karena perbankan itu jantung perekonomian negara," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0011 seconds (0.1#10.140)