SBY harapkan swasembada beras dari Bukittinggi action plan

Selasa, 29 Oktober 2013 - 11:41 WIB
SBY harapkan swasembada beras dari Bukittinggi action plan
SBY harapkan swasembada beras dari Bukittinggi action plan
A A A
Sindonews.com - Pada hari kedua kunjungannya di Sumatera Barat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) yang diselenggarakan di Balai Bung Hatta, Istana Bung Hatta, Bukittinggi. Dalam rapat ini, SBY berharap bisa dihasilkan Rencana Aksi Bukittinggi atau Bikittinggi Action Plan, yaitu rencana aksi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

SBY menjelaskan, terkait dengan puncak peringatan Hari Pangan Sedunia di Padang, Kamis 31 Oktober besok, yang akan dihadirinya, ia berpikir bagaimana kita sekarang dan ke depan bisa meningkatkan kecukupan dan ketahanan pangan di seluruh tanah air, bisa meningkatkan produksi dan produktivitas sejumlah komoditas pangan, utamanya sekali lagi utamanya komoditas strategis, yaitu beras, gula, jagung, daging sapi, dan kedelai ataupun produk turunannya.

“Oleh karena itulah, kita menggunakan kesempatan yang baik ini untuk bersama-sama di Bukittinggi ini menyusun rencana aksi (Action Plan) yang sekaligus kemudian kita jalankan,” pinta SBY dikutip dari situs Setkab, Selasa (29/10/2013).

SBY mengenang dulu pada 2007, saat bersama-sama dengan para Gubernur, ia juga telah mencanangkan membikin rencana aksi, dan kemudian menjalankannya untuk meningkatkan produksi beras di seluruh tanah air dan sasaran itu bisa kita capai. Hal ini dilakukan karena Indonesia ingin kembali mencapai swasembada beras, sebagaimana dulu pernah pernah diraih pada tahun 80-an.

“Tetapi yang jelas upaya yang kita jalankan dulu semacam program tetapi tetap dalam kerangka upaya nasional meningkatkan beras kita itu bisa kita capai,” ungkap SBY.

SBY berharap, apa yang diputuskan di Bukittinggi ini bisa segera dijalankan setahun mendatang, dan kemudian dilanjutkan lagi nanti untuk masa lima tahun berikutnya lagi.

“Saya akan sampaikan kepada presiden terpilih nanti pengganti saya agar apa yang telah kita rintis ini, karena hasilnya insya Allah bagus, itu bisa ditingkatkan, disempurnakan dengan demikian hasilnya juga makin nyata,” pungkasnya.

Karena itulah, SBY berharap pertemuan di Bukittinggi yang mempertemukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan dunia usaha itu bisa menghasilkan rencana aksi terkait swasembada beras yang kemudian dijalankan secara penuh.

Tampak hadir dalam Ratas di Istana Bung Hatta itu antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Mendagri Gamawan Fauzi, Menkeu Chatib Basri, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, Menteri PU Djoko Kirmanto, Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, dan Ketua KEN Chairul Tandjung.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7370 seconds (0.1#10.140)