Akuisisi bank, investor lokal butuh kejelasan aturan BI

Kamis, 31 Oktober 2013 - 20:13 WIB
Akuisisi bank, investor...
Akuisisi bank, investor lokal butuh kejelasan aturan BI
A A A
Sindonews.com - Pengamat perbankan Deni Daruri memberikan tanggapan mengenai langkah akuisisi yang dilakukan investor lokal terhadap bank di Indonesia. Menurutnya, di sini diperlukan kejelasan aturan dari Bank Indonesia (BI) atas langkah baik ini.

Dia melihat banyak bank-bank di dalam negeri yang dikuasai investor/pihak asing. Berbagai kalangan menilai ini tidak baik untuk kepentingan nasional.

"Yang pertama adalah harus jelas dulu arah perbankan nasional kita," ucapnya saat dihubungi Sindonews, Kamis (31/10/2013).

Deni menerangkan, kejelasan mengenai arsitektur bank diperlukan agar bank-bank maupun investor tahu aturan mainnya. "Dulu BI pernah memberikan aturan-aturan, tetapi itu hanya sekadar imbauan, yang akhirnya lagi-lagi dikuasai pihak asing," papar Deni.

Menurutnya, jika tidak ada aturan yang jelas dan tegas masyarakat pun terkena imbas kebingungan akan hal itu. Mengenai regulasi yang harus dilakukan BI untuk mencegah penguasaan pihak asing, dia melihat ada hubungannya dengan aturan yang dibuat. "Aturannya kalau salah, wajar kalau pihak asing masuk lagi," ungkapnya.

Deni melanjutkan, setelah ada aturan yang jelas, baru membuat aturan main untuk investor lokal, caranya dengan insentif regulasi yang mudah dan tidak ribet, serta back-up legal formal. Sehingga investor-investor lokal mendapatkan respon mudah, cepat dan tepat.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0437 seconds (0.1#10.140)