Kadin kucuri UKM di Sulsel dan Sumsel Rp1,45 M

Jum'at, 01 November 2013 - 16:59 WIB
Kadin kucuri UKM di Sulsel dan Sumsel Rp1,45 M
Kadin kucuri UKM di Sulsel dan Sumsel Rp1,45 M
A A A
Sindonews.com - Lembaga Pembiayaan yang dibentuk Kadin, Palapa Nusantara Berdikari memberikan bantuan pinjaman modal kerja sebesar Rp1,45 miliar kepada pelaku UKM di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pelaku UKM tersebut yaitu, CV Persada Nusantara dan CV Nur Hikma yang masing-masing sebesar Rp500 juta, serta pelaku UKM di Sumatera Selatan (Sumsel), CV Alam Berkah Ilahi Rp450 juta di Palembang, hari ini.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, Rosan P Roeslani mengatakan, kontribusi UKM bagi penguatan ekonomi daerah sangat besar. Sehingga semua pihak harus melakukan upaya penguatan UKM agar bisa meningkatkan produktivitas dan lebih berdaya saing.

Menurutnya, di tengah dinamika ekonomi Indonesia yang sedang mengalami penurunan, terindikasi dari adanya berbagai permasalahan yang dialami seperti defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, hingga pelemahan nilai tukar rupiah.

Sektor UKM daerah sudah seharusnya kembali dapat menjadi andalan penopang perekonomian nasional, terlebih bagi UKM yang sudah bisa melakukan ekspor.

"UKM bisa menjadi salah satu penopang ekonomi ketika krisis dan itu sudah terbukti. Karenanya penguatan UKM harus dilakukan agar bisa berkontribusi tidak hanya bagi penguatan ekonomi daerah, tetapi juga nasional," kata Rosan dalam rilisnya, Jumat (1/11/2013).

Rosan juga menilai, dengan potensi yang ada, masa depan Indonesia ada di daerah. Di tingkat daerah, kata dia, potensi sangat beragam mulai dari perkembangan pariwisata, pertambangan, pertanian hingga industri kecil-menengah, dan lain-lain.

"Masing-masing daerah memiliki keunggulannya, kita harapkan pemerintah daerah juga bisa semakin menyadari dan mempraktikkan akan pentingnya kebijakan daerah yang business friendly," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0017 seconds (0.1#10.140)