Harga minyak di Asia lebih tinggi

Jum'at, 08 November 2013 - 11:27 WIB
Harga minyak di Asia lebih tinggi
Harga minyak di Asia lebih tinggi
A A A
Sindonews.com - Harga minyak di perdagangan Asia hari ini naik, tetapi menghadapi tekanan atas kekhawatiran pasokan serta spekulasi Federal Reserve AS (Fed) yang mungkin akan mulai segera melancipkan program stimulus.

Kontrak utama New York, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember, naik 38 sen menjadi USD94,58 per barel pada perdagangan pertengahan pagi. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember, naik dua sen menjadi USD103,48 per barel.

Departemen Perdagangan AS mengatakan, ekonomi AS tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 2,8 persen pada kuartal ketiga, jauh di atas 1,9 persen yang diproyeksikan para analis. Berita itu ditambahkan ke ekspektasi bahwa Fed akan mulai mengguncang skema pembelian obligasi USD85 miliar per bulan lebih awal dari yang diperkirakan.

Bank sentral sebelumnya mengatakan, setiap mundurnya skema - dikreditkan membantu menopang pasar ekuitas global - bergantung pada pemulihan ekonomi AS. Mata sekarang tertuju pada rilis data pekerjaan, Jumat waktu AS.

"Setelah PDB AS pada Q3 diumumkan 2,8 persen, investor masih tetap berhati-hati menjelang data pasar tenaga kerja," kata Vanessa Tan, analis investasi Phillip Futures, Singapura, dalam catatannya, seperti dilansir dari AFP, Jumat (8/11/2013).

"Data ekonomi akan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang masa depan kebijakan moneter AS," tambahnya.

Sementara Brent tertekan pembicaraan antara Iran dan enam kekuatan dunia yang mengarah pada pencabutan sanksi yang melumpuhkan ekspor minyak mentah Republik Islam itu untuk program nuklirnya, yang Barat duga digunakan untuk membuat senjata. Teheran membantah klaim itu.

"Pembicaraan antara Iran dan kekuatan dunia lainnya untuk mengakhiri stand-off nuklir tampaknya berjalan baik dan ini membantu membebani Brent," jelas Tan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7039 seconds (0.1#10.140)