Pengurangan lot saham dongkrak jumlah investor

Kamis, 21 November 2013 - 16:32 WIB
Pengurangan lot saham dongkrak jumlah investor
Pengurangan lot saham dongkrak jumlah investor
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) menyambut baik rencana PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengurangi jumlah lot saham dari semula 500 lembar per lot menjadi 100 lembar per lot saham.

Ketua APEI Lily Widjaja mengatakan, pengurangan jumlah lot saham dapat mendongkrak jumlah investor domestik, dimana masyarakat akan lebih mudah dalam membeli saham lantaran harganya yang lebih terjangkau.

"Misalnya sekarang satu lot Rp1 juta dan jika lot saham dikurangi nantinya, satu lot bisa Rp200 ribu. Ini akan terjangkau bagi masyarakat," kata Lily di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Dengan adanya aturan jumlah lot saham, dia berharap, hal itu dapat mendorong tumbuhnya jumlah investor domestik di pasar modal Indonesia.

Sebagai catatan, BEI pada 6 Januari 2013 mulai memberlakukan peraturan terkait penurunan jumlah lot saham dari 500 saham per lot menjadi 100 per saham. Tujuannya peraturan ini untuk meningkatkan likuiditas pasar modal Indonesia.

"Ini kan sejalan dengan visi pemerintah dalam mendorong keuangan yang dapat dipahami dan diakses oleh masyarakat dengan mudah," tutur Lily.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7345 seconds (0.1#10.140)