Mobil sport hybrid BMW i8 ludes terjual

Selasa, 26 November 2013 - 09:54 WIB
Mobil sport hybrid BMW i8 ludes terjual
Mobil sport hybrid BMW i8 ludes terjual
A A A
Sindonews.com – Dua mobil berbahan bakar energi terbarukan dari BMW, yakni BMW i8 dan BMW i3 mencatatkan prestasi menakjubkan di awal kemunculan mereka.

Global Sales Chief BMW Ian Robertson mengatakan, BMW i8 mobil sport hybrid yang mereka tampilkan di Frankfur Auto Show awal tahun ini sudah habis terpesan untuk pengiriman tahun 2014.

Bukan hanya BMW i8 saja yang mendapatkan respon positif. Menurut Ian Robertson seperti dikutip Reuters, mobil listrik perkotaan BMW yakni BMW i3 juga telah banyak dipesan mencapai 10.000 pemesanan.

“Negara pertama yang sudah menerima kiriman BMW i3 adalah Jerman,” ujar Robertson.

Meski mendapatkan respon positif atas BMW i3 dan BMW i8, Robertson menolak mengumumkan target penjualan kedua mobil tersebut pada tahun pertama.

Dia mengatakan, khusus untuk Amerika, BMW i3 akan datang pada kuartal kedua tahun depan. Setelah BMW i3, baru pasar Amerika akan melihat langsung mobil BMW i8.

“BMW i8 menawarkan keunggulan sebuah mobil sport dengan konsumsi bahan bakar sebuah mobil perkotaan,” ujar Robertson.

BMW i8 memboyong mesin 3-silinder 1,5 liter twin-turbo bertenaga 231 hp dan bertorsi 320 Nm. Seluruh tenaganya dikirim ke dua roda belakang via transmisi otomatis 6-speed.

Sementara satu motor listrik (131 hp) berfungsi untuk memutar dua roda depan. Hanya dengan motor listrik tersebut memungkinkan BMW i8 menggelinding sejauh 35 kilometer dan kecepatan maksimal 120 km/jam.

Mobil dibekali dengan baterai lithium-ion untuk memberikan tenaga kepada motor listrik. BMW mengklaim i8 dapat menjelajah sejauh 500 kilometer dengan kondisi tangki bensin penuh. Sementara konsumsi BBM dipercaya mencapai 40 km/liter.

Karena i8 bermodel sports car 2+2 seater, jadi filosofi keringanan tetap diadopsi. Cangkang kabin menggunakan bahan dari CFRP. CFRP alumunium dipakai di pintu, instrumen panel didukung oleh magnesiaum dan chassis dari alumunium.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9742 seconds (0.1#10.140)