Suswono-Gita sepakat soal subsidi pertanian dalam WTO

Selasa, 26 November 2013 - 19:15 WIB
Suswono-Gita sepakat soal subsidi pertanian dalam WTO
Suswono-Gita sepakat soal subsidi pertanian dalam WTO
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian Suswono sepakat dengan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan tentang rencana pemerintah memperjuangkan pemberian subsidi sebesar 15 persen dari hasil produksi pertanian di Konferensi Tingkat Menteri (KTM) World Trade Organization (WTO) Bali Desember mendatang.

Bahkan, Suswono menyebut negara-negara maju juga masih memberikan tarif subsidi yang lebih besar ketimbang subsidi petani di Indonesia.

"Sebetulnya subsidi ke petani di Indonesia masih di bawah 10 persen, sementara di negara maju lebih besar," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Suswono meminta agar ada toleransi di WTO dimana negara miskin dan berkembang bisa memperoleh subsidi pertanian yang lebih besar tanpa mengikuti aturan negara maju sebesar 5 persen.

"India penduduknya 1 miliar dan masyarakatnya butuh pangan gandum. Kita juga stok di Bulog kecil dan sudah selayaknya ditingkatkan karena masih banyak masyarakat miskin yang membutuhkan pangan," jelasnya.

Selain itu, permasalahan mekanisme tarif ekspor impor komoditas juga akan menjadi pembahasan KTM WTO di Bali. Suswono melihat ini adalah pembahasan alot yang sarat dengan kepentingan-kepentingan antar negara.

"Negara maju ingin membebaskan tarif. Tentu kita enggak bisa dong. Harus lihat kepentingan negara lah," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7090 seconds (0.1#10.140)