Indofood akan naikkan harga Indomie 10%

Kamis, 28 November 2013 - 15:55 WIB
Indofood akan naikkan harga Indomie 10%
Indofood akan naikkan harga Indomie 10%
A A A
Sindonews.com - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) saat ini sedang berpikir untuk menaikkan harga mie instan Indomie, menyusl terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Corporate Secretary ICBP, Werianty Setiawan mengungkapkan, rencana penyesuaian harga tersebut diakibatkan pelemahan rupiah yang berdampak pada naiknya harga terigu sebagai bahan baku mie instan.

Secara keseluruhan produk ICBP rata-rata mengalami kenaikan sebesar 5-10 persen pada tahun ini. Terkhusus untuk produk mi instan, ICBP telah menaikkan harga jual produk mi instan rata-rata sekitar 10 persen.

"Apabila harga bahan baku terus meningkat dan rupiah belum menguat, namun jumlah kenaikan kecil, mungkin perusahaan tidak menaikkan harga, tetapi apabila kenaikannya cukup besar, perusahaan mungkin perlu menaikkan harga," ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (29/11/2013).

Dia menjelaskan, penjualan mi instan relatif kurang sensitif terhadap kenaikan harga. Mi instan diharapkan terus bertumbuh sekitar 3-5 persen saja. Angka tersebut dinilai sudah cukup baik mengingat penetrasi mi instan sudah cukup tinggi.

"Peluncuran produk-produk baru (mi instan) yang telah kami lakukan selama 1-2 tahun terakhir berhasil mempercepat tingkat pertumbuhan dimana dulu (industri) mi instan hanya tumbuh 2-3 persen," jelasnya.

Tak hanya Indomie, Werianty juga mengatakan, hampir seluruh produk ICBP yang berbasis tepung terigu akan mengalami kenakan harga. "Kira-kira kenaikannya berkisar dari 5 sampai 10 persen," ungkapnya.

Selain itu, dia mengaku, ICBP akan melakukan efisiensi serta penghematan dalam produksi makanan Indofood seperti mengurangi warna.

"Jadi tidak kita kecilkan ukurannya tapi kita hanya mengurangi warna dalam produk, dan ini telah kita lakukan sejak beberapa tahun lalu," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4406 seconds (0.1#10.140)