Indonesia berpartisipasi dalam ASF Tokyo Round Table

Jum'at, 29 November 2013 - 11:28 WIB
Indonesia berpartisipasi dalam ASF Tokyo Round Table
Indonesia berpartisipasi dalam ASF Tokyo Round Table
A A A
Sindonews.com - Japan Securities Dealer Association (JSDA) selaku Asosiasi Industri dan Self Regulatory Organization di Pasar Modal Jepang kembali mengadakan Asia Securities Forum (ASF) Tokyo Round Table untuk para pelaku di Industri Pasar Modal, baik SRO, Asosiasi Perusahaan Efek dan Regulator di negara-negara dalam kawasan Asia Pacific.

19 negara turut berpartisipasi dalam ASF Tokyo Round Table kali ini yang diadakan 25-30 November 2013 di Tokyo, Japan yaitu Indonesia, Cambodia, India, Kazakhstan, Laos, Hong Kong, Korea, Malaysia, Mongol, Myanmar, Nepal, Pakistan, Philipine, Srilanka, Taiwan, Thailan, Turki dan Vietnam serta Jepang selaku tuan rumah.

Indonesia diwakili oleh Susy Meilina selaku Ketua Departemen Hukum dan Kepatuhan Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) yang juga merupakan Direktur PT MNC Securities.

Round Table ini bertujuan untuk membangun dan memperkokoh pasar modal di negara para peserta dengan memberikan sharing pengalaman, penegakan peraturan, dan infrastruktur di pasar Modal Jepang dan pasar Modal peserta untuk memperkokoh framework di negara masing-masing.

Peserta juga melakukan presentasi terhadap kondisi dan perkembangan terkini pasar modal di negara masing-masing. Dua puluh dua topik mengenai Pasar Modal Jepang dibahas secara mendalam di dalam Round Table kali ini.

Pembahasan antara lain mengenai Pasar Ekuitas, Pasar Surat Utang, Statistik Pasar, Kualifikasi Sistem dan Standar Profesi, Peraturan Pasar Modal, macam-macam produk derivative, pendidikan konsumen, perlindungan konsumen, dan lain-lain.

Round Table ini juga dilengkapi dengan kunjungan langsung dan seminar ke Financial Services Agency yang merupakan bagian dari Japan Ministry of Finance dan Cabinet Office untuk pengawasan pasar modal, Tokyo Stock Exchange dan Nomura Securities selaku salah satu Perusahaan Sekuritas terkemuka di Jepang.

Selain itu, pada hari ke dua (26 November 2013) peserta seminar secara langsung berpartisipasi dalam Konferensi International yang berjudul 'The Future of Asian Markets and Exchanges' yang diadakan oleh Japan Financial Services Agency dan Japan Exchange Group Incorporation.

Konferensi Internasional ini menghadirkan banyak pembicara senior Internasional yang terkait di pasar keuangan Internasional untuk berdiskusi mengenai masa depan bursa bursa di Asia.

Selain para eksekutif dari Pasar keuangan dan Para Professor keuangan dari universitas terkemuka Jepang hadir juga sebagai pembicara antara lain Michael Aitken, Professor of Finance, University of New South Wales; Saskia Sassen, Professor of Sociology, Columbia University; Jonathan B Kindred, President & CEO Morgan Stanley MUFG Securities Co,Ltd; Pakorn Peetathawatchai, EVP The Stock Exchange Thailand dan Charles Xiojia Li, Chief Executive Hong Kong and Clearing Limited.

Selain mendapatkan manfaat dari diskusi dan pembekalan selama enam hari seminar berlangsung, peserta juga mendapat keuntungan dari berkembangnya jaringan networking karena peserta Round Table juga merupakan para eksekutif keuangan di negaranya masing masing.

Susy Meilina
Ketua Departemen Hukum dan Kepatuhan Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5952 seconds (0.1#10.140)