Pertamina bentuk satgas jaga produksi Blok Siak

Jum'at, 29 November 2013 - 17:00 WIB
Pertamina bentuk satgas...
Pertamina bentuk satgas jaga produksi Blok Siak
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) membentuk tim satuan tugas (satgas) untuk menjaga produksi Blok Siak di Riau. Hal itu dilakukan setelah pemerintah tidak memperpanjang kontrak PT Chevron Pacific Indonesia dan menunjuk Pertamina sebagai pengelola blok tersebut.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir mengatakan, tim satgas tersebut bertugas menyelesaikan kontrak Chevron dalam masa transisi enam bulan. Saat ini, pihaknya sedang membentuk taskforce agar segera dapat menyelesaikan kontrak dengan Chevron dalam waktu enam bulan.

“Dalam waktu enam bulan kita mempersiapkan transisi dengan Chevron,” kata dia di Jakarta, Jumat (29/11/2013).

Menurut Ali, satgas akan bekerja sama dengan Chevron untuk menjaga produksi minyak di Blok Siak. Adapun tim satgas akan bekerja keras hingga masa transisi habis.

“Sampai enam bulan ke depan atau kontrak PSC-nya sudah selesai ditandatangani. Sambil menyelesaikan itu, kerja sama dengan Chevron untuk mempertahankan produksinya," tutur dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Edy Hermantoro meminta agar produksi Blok Siak sebesar 1.800 barel per hari (bph) harus dijaga, supaya tidak terganggu. Pihaknya mengakui tengah melakukan pembahasan teknikal kontrak Blok Siak untuk menjaga produksi.

“Intinya produksinya itu sebesar 1.800 bph. Bagaimana agar produksi tidak terganggu maka di cari alternatifnya,” ujar Edy.

Sebelumnya Menteri ESDM Jero Wacik secara resmi menghentikan kontrak Blok minyak Siak oleh Chevron serta Blok Kampar yang dikelola PT Medco EP Indonesia dan menyerahkan pengelolaan kedua blok tersebut kepada PT Pertamina.

“Pengelolaan kedua Blok tersebut mulai tanggal 28 November pukul 00.00 diserahkan kepada Pertamina sebagai perusahaan milik negara,” kata dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6151 seconds (0.1#10.140)