Harga minyak di Asia bervariasi

Kamis, 05 Desember 2013 - 14:27 WIB
Harga minyak di Asia bervariasi
Harga minyak di Asia bervariasi
A A A
Sindonews.com - Harga minyak di perdagangan Asia hari ini bervariasi karena dealer khawatir atas kelebihan pasokan di Timur Tengah, yang bisa menekan harga seiring dengan meningkatnya produksi minyak shale AS.

Dilansir dari The News, Kamis (5/12/2013), kontrak utama New York, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, naik 20 sen menjadi USD97,40 per barel pada perdagangan di Asia. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk Januari, turun 19 sen menjadi USD111,69 per barel.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) sepakat untuk menjaga pagu produksinya tidak berubah di angka 30 juta barel per hari (bph). Namun janji anggotanya, Irak dan Iran untuk meningkatkan output pada 2014 menimbulkan kekhawatiran kelebihan pasokan, terutama jika produksi minyak Libya pulih dan produksi minyak shale AS terus meningkat.

Menteri Perminyakan Irak, Abdelkarim al-Luaybi mengatakan, negaranya berharap untuk meningkatkan ekspor menjadi 3,4 juta barel per hari tahun depan, dari tingkat saat ini sekitar 2,4 juta barel.

Iran, telah menurunkan ekspor minyak menjadi 1,2 juta barel akibat sanksi internasional yang dikenakan atas sengketa program nuklir bisa segera meningkatkan ekspor menjadi 4,0 juta barel jika sanksi dicabut.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0542 seconds (0.1#10.140)