PDAM Magelang luncurkan anjungan air bersih

Jum'at, 06 Desember 2013 - 20:14 WIB
PDAM Magelang luncurkan anjungan air bersih
PDAM Magelang luncurkan anjungan air bersih
A A A
Sindonews.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Gemilang Kabupaten Magelang meluncurkan anjungan zona air langsung konsumsi. Upaya itu dilakukan guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, terutama di Kabupaten Magelang.

Inovasi baru tersebut masih dibangun di satu lokasi yakni di Kantor PDAM Tirta Gemilang Jalan Letnan Tukiyat No 2 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Anjungan zona air itu bisa dimanfaatkan masyarakat umum secara cuma-cuma.

Direktur Utama PDAM ‘Tirta Gemilang’, Hari Purnomo mengatakan anjungan ini rencananya akan dibangun di sejumlah titik strategis yang ramai.

"Tahun 2013 ini, kami launching satu anjungan dulu. Untuk tahun depan, akan kita buka lagi dua anjungan. Lokasinya di dua pusat keramaian. Namun kami masih menunggu respon dari masyarakat,” kata dia di sela-sela acara Hari Ulang Tahun PDAM ‘Tirta Gemilang’ ke-33, Jumat (6/12/2013).

Dia mengatakan, air tersebut higienis dan layak konsumsi. Sebab, air yang diambil dari anjungan sudah diproses melalui teknologi yang telah disiapkan. "Kita sudaah siapkan teknologinya. Jadi air itu bisa langsung diminum tanpa dimasak," ungkap dia.

Sementara itu, dalam rangka memperingati HUT ke-33, pihaknya menggelar sejumlah kegiatan. Diantaranya donor darah, memberikan santunan untuk anak yatim dan dhuafa serta bantuan bibit tanaman kepada masyarakat di sekitar lokasi sumber mata air.

"Untuk melestarikan sumber mata air ini, kami menggalakkan konservasi lahan melalui penanaman bibit tanaman. Diantaranya bibit buah 1.367 batang, bibit sengon 9.500 batang, bibit aren 420 batang dan bibit mahoni 7.681 batang. Untuk lokasinya, menyebar ke sejumlah lokasi yang dekat dengan mata air,” terangnya.

Terkait kinerja perusahaannya berdasarkan hasil audit KAP dan BPKP atas laporan keuangan PDAM tahun 2012, dinyatakan wajar tanpa pengecualian. Dengan kinerja tersebut, pihaknya dapat memberikan kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2013 mencapai Rp1,774 miliar.

“Selain itu, hingga akhir Nopember kemarin, pihaknya telah menyalurkan dana kompensasi bagi desa pemilik sumber air sebanyak Rp379 juta, serta telah menyetorkan pajak Air Bawah Tanah (ABT) ke daerah mencapai Rp353 juta,” ungkapnya.

Kesubag Perencanaan, Pengembangan dan Laboratorium PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan
inovasi-inovasi baru untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Air itu menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Untuk itu, kami terus mencoba memberikan pelayanan yang maksimal dan baik,” tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3647 seconds (0.1#10.140)