HUT ke-118, BRI siapkan berbagai ekspansi

Senin, 16 Desember 2013 - 16:21 WIB
HUT ke-118, BRI siapkan berbagai ekspansi
HUT ke-118, BRI siapkan berbagai ekspansi
A A A
Sindonews.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) siap melakukan ekspansi dan memperluas produk layanan terbarunya. Hal ini dinyatakan perseroan bertepatan pada perayaan HUT BRI ke-118 yang jatuh pada hari ini.

Sekretaris Perusahaan BBRI Muhamad Ali mengatakan, salah satu produk unggulan kedepan ialah layanan jasa Trust BRI. Layanan ini telah mencatat dana kelolaan mencapai Rp9,9 triliun dari sembilan nasabah.

Sejak diterbitkannya Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang jasa Trust pada akhir tahun lalu, perseroan menjadi bank pertama yang memperoleh izin layanan tersebut. Di akhir Maret tahun ini, perseroan telah menerima izin prinsip dan surat penegasan dari Bank Indonesia untuk menjalankan layanan jasa Trust di Indonesia.

Produk unggulan lainnya ialah kartu debit Britama Valas. Produk ini merupakan simpanan pihak ketiga dalam bentuk valuta asing, yang terdiri dari lima mata uang USD, AUD, SGD, CNY, dan EUR.

Fitur yang baru diperkenalkan di antaranya adalah nasabah dapat melakukan transaksi informasi saldo, tarik tunai di ATM, serta penarikan uang di luar negeri. Bahkan nasabah juga dapat melakukan transfer maupun transaksi over booking di ATM BRI, sehingga efisien.

"Kartu ini juga dapat digunakan untuk transaksi belanja di dalam dan luar negeri. Kami ingin penetrasi ke nasabah yang gemar bepergian ke luar negeri, baik untuk bisnis, wisata, atau pendidikan," ujar Ali dalam siaran persnya, Senin (16/12/2013).

Perseroan juga siap menggenjot layanan branchless banking kepada unbankable people. Layanan ini akan mempermudah akses produk dan jasa keuangan, seperti tabungan dan layanan perbankan, dalam program financial inclusion.

Bahkan perseroan telah menggandeng PT Telkom (Persero) Tbk untuk mendukung kebijakan pemerintah dengan model bisnis bank dan telco (hybrid). Jenis layanan ini meliputi e-Money, Payments, Purchasing, Funding, dan Lending.

"Sistem dimaksud merupakan sistem penyedia transaksi keuangan berbasis e-Money Server Based menggunakan Mobile Number (no HP) sebagai Account Number (nomor Rekening) dengan nama "T-BANK" serta perluasan layanan tanpa ke bank menggunakan konsep keagenan (agent based)," ujarnya merinci.

Branchless banking BRI, melalui implementasi T-BANK saat ini dilaksanakan di dua Provinsi, yaitu Kecamatan Ayah, Sempor dan Karanggayam di Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah serta Kecamatan Rogojampi, Sempu dan Muncar di Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. "Jumlah agen yang kami ikut sertakan dalam ujicoba tersebut saat ini berjumlah 13 agen," imbuhnya.

Layanan lainnya yakni E-banking Lounge BRI merupakan suatu bentuk outlet layanan perbankan BRI yang mengkombinasikan layanan e-channel dan fasilitas self service banking bagi nasabah untuk melakukan proses transaksi perbankan.

“Lounge ini akan didukung oleh perangkat e-channel BRI dan self-service banking system untuk melakukan pembukaan dan aktivasi rekening tabungan BRI Britama, penarikan dan setor tunai, serta transaksi non-tunai lainnya,” jelasnya.

Perseroan juga akan melakukan ekspansi ke nasabah pelajar dengan BRI Junio. Produk ini akan dilengkapi produk E-Buzz Sekolah, yang didesain khusus, baik dari sisi interior maupun eksterior.

"Jumlah rekening Tabungan BRI Junio per Oktober 2013 hampir mencapai 1 juta rekening. Sedangkan volume tabungannya lebih dari Rp2,2 triliun," ujarnya.

Dia juga menambahkan, dengan perkembangan teknologi, perseroan juga menghadirkan BRITRade Innovation System. Sebuah sistem aplikasi berbasis web yang untuk memproses transaksi trade finance. Sistem aplikasi BRITRade Innovation System, mengikuti best practice yang berlaku secara internasional.

Bahkan menggunakan teknologi web (web based) yang tidak perlu diinstall untuk setiap client, bersifat dapat disesuaikan dengan kebutuhan user. "Juga sudah dilengkapi digital documents (paperless)," kata Ali.

Dalam mempertahankan dominasi di microbanking, BRI selalu berupaya untuk melakukan inovasi demi memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi nasabah. Untuk itu, BRI memberikan integrasi layanan mikrobanking BRI dengan beberapa inovasi terbaru.

Formless transaction untuk mempercepat business process transaksi penyetoran dan penarikan uang tunai, Loan Approval System (LAS) Mobile, memberikan layanan proses kredit mikro, yang lebih cepat dan mudah dengan pelaksanaan mobile marketing, Teras Keliling offroad merupakan upaya BRI untuk menjangkau lebih dekat nasabahnya, tanpa terkendala oleh medan yang berat, dan Teras BRI Kapal menunjang layanan bisnis mikro BRI utamanya untuk daerah-daerah yang terpisahkan oleh wilayah perairan sekaligus menyukseskan program financial inclusion,” jelas Ali.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4929 seconds (0.1#10.140)