MNC Life targetkan kuasai market share asuransi

Rabu, 18 Desember 2013 - 17:08 WIB
MNC Life targetkan kuasai market share asuransi
MNC Life targetkan kuasai market share asuransi
A A A
Sindonews.com - PT MNC Life Assurance targetkan dapat meraih 10 juta nasabah dalam tiga tahun kedepan. Hal ini sejalan dengan strategi perseroan ekspansi ke segmen micro insurance.

Direktur Utama MNC Life Patricia Rolla Bawata mengatakan, dalam ulang tahun ketiganya perseroan telah mencatatkan lebih dari 1 juta nasabah. Saat ini perseroan mampu meraih 10 ribu nasabah setiap harinya.

Perseroan menyiasati penjualan produk polis asuransi mikro dengan harga Rp10 ribu dan Rp30 ribu. Dengan mencapai 10 juta nasabah perseroan optimistis telah menguasai pangsa pasar asuransi jiwa.

"Captive market semakin luas berkat kerjasama dengan acara grup MNC. Kami optimis mencapai 10 juta nasabah demi mengusai pangsa pasar asuransi," ujar Patricia dalam perayaan HUT ke 3 MNC Life di Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Dia mengatakan, segmen mikro saat ini menguasai 60 persen jumlah nasabah perseroan. Produk mikro ditawarkan dengan premi seharga Rp10 ribu dengan penggantian mencapai Rp10 juta.

Sedangkan produk senilai Rp55 ribu mampu mengcover hingga Rp30 juta. Strategi ini dinilai cukup ampuh karena potensi penduduk Indonesia yang besar dan harganya yang terjangkau. Dengan produk ini maka perseroan mendapatkan multiplier effect yang lebih menguntungkan.

"Segmen mikro lebih aman daripada segmen premium karena jumlahnya yang besar dan lokasinya tersebar," ujarnya.

Demi mengejar target tersebut maka dibutuhkan pertumbuhan organik dan non organik. Secara organik perseroan akan mengandalkan jalur distribusi agensi. Setidaknya perseroan menargetkan penambahan 8.000 agen baru untuk memperkuat 5.800 agen yang sudah tercatat.

Hal ini juga akan diperkuat dengan penambahan 10 kantor cabang di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sementara secara non organik perseroan optimistis akan mengakuisisi asuransi baru.

"Kami sudah mendapat dukungan dari induk usaha di grup MNC untuk melakukan akuisisi. Kami juga sudah menunjuk konsultan untuk akuisisi ini. Kriteria yang kami incar yaitu asuransi yang sudah lama dan tumbuh stagnan," ujarnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan, potensi momen pemilu bagi penambahan nasabah dari anggota calon legislatif dari partai Hanura. Perseroan meletakkan produk asuransinya dalam setiap kartu keanggotaan Hanura bagi caleg dan anggota tim suksesnya. Setidaknya saat ini perseroan telah meraih 2 juta nasabah baru dari kartu keanggotaan Hanura tersebut.

"Ini juga menjadi captive market potensial bagi kami di tahun depan. Saat ini baru mulai sehingga belum kami masukkan dalam jumlah nasabah," ujarnya.

Perseroan mengumumkan telah berhasil meraih lebih dari 1 juta nasabah dalam ulang tahunya yang ketiga. Hal ini berarti pertumbuhan signifikan sejak mengakuisisi UOB Life Sun Assurance pada November 2010 dengan hanya 10 ribu nasabah dan aset Rp40 miliar.

Secara premi di kuartal tiga tahun ini tercatat sebesar Rp165 miliar atau tumbuh 50 persen dari tahun lalu. Aset melonjak menjadi Rp275 miliar dari periode sama tahun lalu Rp198 miliar.

MNC life telah dikenal masyarakat luas terus melakukan penetrasi pasar dengan membuka jaringan distribusi dan mitra usaha. MNC Life memiliki kantor pemasaran di 16 kota dengan 20 kantor pemasaran yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Manado, Surabaya, Denpasar, Padang Sidempuan, Balikpapan, Belitung, Batam, Pematang Siantar, Pekanbaru, Kudus, Negara, dan Tanggerang. Sedangkan untuk jaringan pemasaran agensi dan mitra usaha sudah menjangkau nasional.

Produk yang ditawarkan bervariasi tidak hanya asuransi jiwa tapi juga kesehatan dan investasi. Bahkan produk mikro yakni Hario Siaga sudah menjadi populer di masyarakat.

Di akhir tahun ini perseroan melakukan pembayaran klaim lebih dari Rp70 miliar berkat strategi penyebaran nasabah. Rasio kecukupan modal atau risk based capital (RBC) tercatat sebesar 574 persen atau lebih tinggi dari batas minimal 120 persen.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7205 seconds (0.1#10.140)