Menkeu perkirakan tapering off terjadi di Januari 2014

Rabu, 18 Desember 2013 - 20:52 WIB
Menkeu perkirakan tapering off terjadi di Januari 2014
Menkeu perkirakan tapering off terjadi di Januari 2014
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan M Chatib Basri memprediksi penarikan dana likuiditas yang dilakukan Bank Sentral AS (The Fed) atau yang biasa disebut tapering off akan terjadi pada bulan Januari 2014 mendatang.

Pasalnya, rilis data-data ekonomi terbaru di negara Paman Sam tersebut telah menunjukkan perbaikan di kuartal III dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya dan penarikan diperkirakan akan terjadi lebih cepat.

"Pertumbuhan ekonomi mereka di kuartal III mencapai 3,8 persen, penganggurannya sudah di bawah 7 persen sehingga tapering off akan lebih cepat. Perkiraan kami Januari," ujar Chatib di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Dia juga kembali menyebut tingkat nilai tukar rupiah yang berada di kisaran Rp12 ribu per dolar merupakan kondisi asli rupiah sebelum quantitative easing (QE) dikucurkan dari AS. "Sebelum QE ada di kisaran sekarang dan pola ini akan terjadi seperti sebelumnya," tambah Chatib.

Salah satu gejala yang terlihat menjelang tapering off terjadi, menurut Chatib, adalah melemahnya harga-harga komoditas ekspor Indonesia, karena aliran dana juga masuk melalui harga komoditas ekspor.

"Kelihatan sekali di Indonesia berdampak kepada penerimaan pajak karena penurunan harga komoditas seperti tambang pada 2013. Kami perlu antisipasi ini," tandas Chatib.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5682 seconds (0.1#10.140)