BoJ klaim ekonomi Jepang pulih moderat

Jum'at, 20 Desember 2013 - 11:00 WIB
BoJ klaim ekonomi Jepang pulih moderat
BoJ klaim ekonomi Jepang pulih moderat
A A A
Sindonews.com - The Bank of Japan (BoJ) menahan mengumumkan langkah-langkah baru untuk merangsang ekonomi, memberikan pandangan optimis pemulihan moderat.

Keputusan itu diambil meski pertumbuhan menurun tajam Juli-September 2013, yang menimbulkan kekhawatiran tentang kekuatan pemulihan di ekonomi terbesar ketiga dunia itu. Memicu spekulasi bahwa BoJ akan memperluas skema pembelian aset tersebut.

"Ekonomi Jepang telah pulih moderat. Ekspektasi inflasi tampaknya meningkat secara keseluruhan. Tingkat kenaikan CPI (indeks harga konsumen) year-on-year (yoy) akan naik untuk sementara waktu," papar BoJ dalam pernyataannya, sepereti dilansir dari AFP, Jumat (20/12/2013).

Pertemuan bank datang beberapa hari setelah diawasi ketat survei triwulanan Tankan yang menunjukkan kepercayaan bisnis telah melonjak ke level tertinggi dalam enam tahun, menggarisbawahi optimisme tumbuh di antara perusahaan-perusahaan Jepang.

BoJ meluncurkan skema pembelian aset besar pada April sebagai bagian dari rencana yang lebih luas Perdana Menteri Shinzo Abe untuk menghidupkan kembali perekonomian dan membasmi deflasi melalui kilatan kebijakan.

Reversing penurunan harga sebagai tujuan utama BoJ, yang bertujuan inflasi mencapai 2,0 persen dalam dua tahun, meskipun analis semakin skeptis sebagai waktu yang ambisius.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4724 seconds (0.1#10.140)