IMF rilis pembayaran pinjaman bailout Siprus

Sabtu, 21 Desember 2013 - 12:00 WIB
IMF rilis pembayaran pinjaman bailout Siprus
IMF rilis pembayaran pinjaman bailout Siprus
A A A
Sindonews.com - Dana Moneter Internasional (IMF) merilis angsuran bailout Siprus berikutnya, dan meluncurkan tahap terbaru dalam rencana dukungan terhadap negara Zona Euro yang tengah berjuang dari resesi utang tersebut.

IMF mengatakan 83,5 juta euro (USD114 juta) baru tersedia untuk Siprus, membawa ke 250 juta euro jumlah yang telah dicairkan dalam tiga tahun.

Pembiayaan IMF merupakan bagian dari paket bailout 10 miliar euro untuk Siprus, disatukan dengan dukungan dari Uni Eropa (UE).

Pemberi pinjaman global berbasis di Washington itu mengatakan pembayaran pinjaman mengikuti review kedua eksekutif dewan IMF atas kinerja Siprus di bawah program ekonomi pinjaman.

Sebagai imbalan atas bailout, Siprus sepakat melakukan reformasi menyakitkan, termasuk perampingan sektor perbankan secara besar-besaran.

Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde mengatakan, pemerintah Siprus telah memiliki catatan implementasi kebijakan yang kuat dan membuat kemajuan besar dalam menstabilkan sektor keuangan.

"Sementara hasil makroekonomi sedikit lebih baik dari yang diperkirakan, situasi ekonomi dan prospek tetap sulit dan memiliki risiko signifikan," kata Lagarde, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (21/12/2013).

The 'troika' pemberi pinjaman internasional dari IMF, Komisi Eropa dan Bank Sentral Eropa (ECB) memperkirakan produk domestik bruto (PDB) Siprus akan berkontraksi 7,7 persen pada 2013.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8435 seconds (0.1#10.140)