PGAS siapkan Rp260 M bangun 16 SPBG

Kamis, 26 Desember 2013 - 15:57 WIB
PGAS siapkan Rp260 M bangun 16 SPBG
PGAS siapkan Rp260 M bangun 16 SPBG
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) telah mencadangkan dana sebesar Rp260 miliar untuk ekspansi penyebaran gas melalui pembangunan 16 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang tersebar di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Direktur Utama PGAS Hendi Prio Santoso mengatakan, dari total 16 SPBG yang direncanakan dapat dimulai pengerjaannya pada 2014 mendatang tersebut, sebanyak 12 di antaranya berlokasi di Jawa Barat, sementara tiga di Jawa Timur dan satu sisanya berlokasi di Riau.

"Berbekal pengalaman, kemampuan dan komitmen tinggi, PGN siap menjadi lokomotif dan mendapat penugasan dari pemerintah dalam pengembangan infrastruktur gas bumi di Indonesia untuk mewujudkan konversi energi ke gas bumi," ujar Hendi rilisnya kepada Sindonews, Kamis (26/12/2013).

Untuk urusan pembiayaan, PGAS pada 2014 telah menganggarkan dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar USD200 juta hingga USD250 juta yang bersumber dari kas internal perseroan.

Dana sebesar itu rencananya akan dimanfaatkan sebagian besar untuk membiayai rencana perseroan untuk melakukan pembangunan infrastruktur berupa pipa gas dan SPBG di tahun depan.

PGN saat ini telah membangun lebih dari 6.000 kilometer (km) infrastruktur pipa gas di seluruh Indonesia dan memiliki lebih dari 91.000 pelanggan. Selain itu, demi memndukung upaya pemerintah dalam melakukan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas, perseroan juga baru saja meresmikan satu buah SPBG pertamanya yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi.

"Kami yakin program konversi energi BBM ke gas ini bisa berjalan maksimal. Melalui sinergi dengan lembaga pemerintah dan swasta ini, kami berharap pemanfaatan gas bumi akan mampu menciptakan efisiensi dan memperkuat perekonomian nasional sehingga pada akhirnya akan menciptakan kemandirian dan ketahanan energi," tutur Hendi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9539 seconds (0.1#10.140)