Perusahaan diminta sediakan bus angkutan gratis

Jum'at, 27 Desember 2013 - 16:57 WIB
Perusahaan diminta sediakan bus angkutan gratis
Perusahaan diminta sediakan bus angkutan gratis
A A A
Sindonews.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar terus mengajak perusahaan-perusahaan agar bersedia membantu pembangunan rumah pekerja di sekitar kawasan industri. Selain itu, juga menyediakan bus angkutan gratis bagi pekerja.

"Penyediaan rumah pekerja dan angkutan transportasi gratis bagi pekerja ini, tentunya akan mengurangi beban pengeluaran para pekerja. Sehingga kesejahteraan pekerja dapat meningkat," kata dia dalam rilisnya, Jumat (27/12/2013).

Selama ini, kata Muhaimin, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya, pemerintah telah melakukan berbagai langkah konkrit. Tujuannya untuk mempercepat pembangunan perumahan dan alat transportasi bagi pekerja/buruh.

Pada Maret 2013 telah dilakukan penandatanganan Program Rusunawa Pekerja/Buruh antara Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Perumahan Rakyat dengan sembilan Gubernur. Yaitu Gubernur DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Bali.

Bahkan untuk mendukung hal tersebut, pemerintah telah membentuk Tim Program Percepatan Pembangunan Perumahan Pekerja Buruh (P5KP)yang beranggotakan perwakilan dari Kemenakertrans Kemenpera, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Jamsostek.

Menurutnya, sejak 2008, sebagai contoh, tim P5KP telah menghasilkan pembangunan rumah susun di Kawasan Industri PT Sango Industri Ceramic Jawa Tengah sebanyak 500 (lima ratus) unit dan di Kawasan Industri PT Industri Karet Deli Sumatera Utara sebanyak 508 (Iima ratus delapan) unit, serta 8.000 unit rumah di Karawang, Jawa Barat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6001 seconds (0.1#10.140)