PNM kembangkan klaster usaha ikan hias

Sabtu, 28 Desember 2013 - 14:48 WIB
PNM kembangkan klaster usaha ikan hias
PNM kembangkan klaster usaha ikan hias
A A A
Sindonews.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengembangkan klaster usaha budi daya ikan hias di Desa Curug, Depok sebagai tindaklanjut kerja sama dengan Japan External Trade Organization (Jetro).

Untuk tahap awal, PNM menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan secara berkelanjutan kepada 100 pengusaha ikan hias skala mikro, kecil dan menengah, yang sebagian besar merupakan nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM).

Pemimpin PNM cabang Jakarta yang membawahi wilayah operasional Jabodetabek Prasetya Heru Wahono mengatakan, usaha budi daya ikan hias merupakan salah satu sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang pesat di wilayah Depok dan sekitarnya.

Dia menjelaskan, aktivitas para pembudidaya ikan hias tersebut juga memberikan kontribusi positif terhadap kinerja pembiayaan mikro PNM, baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Karenanya kami punya kepentingan untuk melakukan pembinaan dan pengembangan kapasitas usaha ikan hias secara terpusat di wilayah Depok, sehingga lebih efisien dan efektif,” kata dia dalam rilisnya, Sabtu (28/12/2013).

Menurut Prasetya, Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) klasterisasi budi daya ikan hias akan dilakukan secara berseri, mulai dari pelatihan motivasi dan kewirausahaan, pengelolaan keuangan secara sederhana, workshop tata niaga ekspor, manajemen pemasaran online hingga pemberian bantuan asset tepat guna.

“Melalui kegiatan PKU semacam ini PNM juga ikut mendukung program pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0003 seconds (0.1#10.140)