PLN Batam tambah porsi pembangkit listrik

Senin, 30 Desember 2013 - 13:04 WIB
PLN Batam tambah porsi pembangkit listrik
PLN Batam tambah porsi pembangkit listrik
A A A
Sindonews.com - PT PLN Batam terus memperkuat pasokan energi listrik untuk sistem kelistrikan Batam yang kelolanya. Selain melakukan perbaikan bauran energi (energy mix) dengan mengurangi pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) juga melakukan penambahan pembangkit listrik yang dioperasikan sendiri.

"Memiliki pembangkit sendiri akan menghapus anggapan PLN Batam cuma berperan sebagai 'trader" yang mungkin kurang menguntungkan bagi perusahaan listrik yang akan IPO," kata Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, Kurnia Rumdhony dalam rilisnya, Senin (30/12/2013).

Saat ini, komposisi pembangkit yang dioperasikan sendiri masih sebesar 20 persen dan pembangkitan swasta (Independen Power Producer-IPP) mencapai 80 persen. Menurut Kurnia, ditargetkan porsi pengelolaan pembangkitan sendiri bisa meningkat dari 20 persen menjadi 50 persen.

Untuk mencapai target tersebut, PLN Batam melakukan investasi pembangunan pembangkit baru yang antara lain akan mulai beroperasi mulai tahun depan. Pembangkit baru yang segera beroperasi antara lain PLTG Tanjung Uncang berkapasitas 2X65 MW pada akhir 2014 dan pembangkit batu bara PLTU Batam 2X100 Mega Watt (MW).

Menurut dia, peningkatan porsi pembangkitan sendiri itu bertujuan mengurangi ketergantungan PLN kepada pihak swasta. Hal ini akan memberikan citra positif bagi PLN Batam yang akan melakukan penawaran saham perdana (IPO) pada 2014.

Diketahui, Kementerian BUMN memutuskan anak perusahaan PT PLN (Persero) ini akan mendaftar di lantai bursa pada tahun depan, mundur dari jadwal semula semester II 2013.

Ia mengatakan, bahwa PLTG Tanjung Uncang yang menelan investasi Rp1,3 triliun kini sudah masuk tahap konstruksi. Kebutuhan gas pembangkit ini akan dipasok dari lapangan gas Gajah Baru di Natuna. Sementara untuk PLTU Batam studi kelayakannya sudah selesai dan diharapkan beroperasi pada 2015/2016.

Sementara Direktur Operasi PT PLN Batam, M Tagor Sidjabat dalam kesempatan yang sama menjelaskan, keberadaan kedua pembangkit baru tersebut nantinya akan memperkuat pasokan kelistrikan di wilayah Batam.

Saat ini sistem Batam mempunyai kapasitas terpasang 392 MW dengan beban puncak 310 MW. Sekitar 70 persen kelistrikan Batam dipasok oleh pembangkit gas dan 30 persen pembangkit batu bara.

Tagor mengatakan, ketersediaan pasokan listrik di Batam nantinya juga akan dialirkan ke pulau-pulau sekitarnya melalui pembangunan jaringan interkoneksi kabel bawah laut.

Proyek interkoneksi kabel bawah laut 150 kV Batam-Bintan sepanjang 8,4 km kini sudah berjalan. Proyek ini dijadwalkan rampung pada Juni 2014. Selain itu, untuk interkonekasi jaringan 20 kV Batam-Pulau Belakang Padang sejauh 4,7 km sudah beroeprasi sejak Juni 2013.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8692 seconds (0.1#10.140)