Pertamina pantau penyaluran elpiji 3 kg

Jum'at, 03 Januari 2014 - 12:02 WIB
Pertamina pantau penyaluran elpiji 3 kg
Pertamina pantau penyaluran elpiji 3 kg
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina menaikkan harga elpiji ukuran 12 kilogram (kg), untuk menekan kerugian yang selama ini dideritanya. Namun, untuk meminimalisir migrasi konsumsi elpiji 12 kg beralih ke 3 kg, Pertamina akan memantau penyaluran elpiji 3 kg.

Branch Manager PT Pertamina (Persero) DI Yogyakarta dan Surakarta, Freddy Anwar mengatakan, pihaknya akan memantau kondisi di lapangan supaya masyarakat menggunakan elpiji secara ekonomis.

Menurutnya, Pertamina juga telah mengembangkan sistem monitoring penyaluran elpiji 3 kg yang akan mengatasi kekhawatiran migrasi konsumen dari 12 kg ke 3 kg, pasca kenaikan elpiji 12 Kg.

"Kita dapat memonitor penyalurannya hingga level pangkalan berdasarkan alokasi daerahnya," ujar dia, Jumat (3/1/2014).

Freddy menegaskan, pasar elpiji 12 kg dijual kepada masyarakat karena merupakan bisnis Pertamina. Sementara, elpiji 3 kg tetap mengacu pada alokasi sesuai dengan kuota.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengakui, kenaikan elpiji 12 kg peluang adanya perpindahan konsumsi dimungkinkan terjadi. Namun, pemerintah daerah tidak bisa berbuat apa-apa.

"Saya tidak bisa apa-apa jika elpiji makin mahal yang penting masyarakat bisa mencari bahan bakar yang efisien dan murah," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9161 seconds (0.1#10.140)