HT dorong mahasiswa jadi wirausahawan baru

Kamis, 16 Januari 2014 - 15:01 WIB
HT dorong mahasiswa jadi wirausahawan baru
HT dorong mahasiswa jadi wirausahawan baru
A A A
Sindonews.com - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mendorong mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) agar menjadi wirausahawan-wirausahawan baru.

Menurut HT, keberadaan wirausahawan baru akan mendorong percepatan kemajuan ekonomi Indonesia. Jumlah entrepreneur di Indonesia hingga kini masih di bawah angka 2 persen dari total penduduk Indonesia. Padahal lazimnya negara yang ekonominya maju, mempunyai jumlah wirausahawan di atas 2 persen.

HT menilai, keberadaan wirausahawan penting karena akan memberikan nilai tambah bagi pembangunan ekonomi. Selain itu juga sekaligus akan menciptakan lapangan kerja yang ujung-ujungnya akan menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Ini yang harus terus kita tingkatkan. Dan generasi muda sangat potensial sebagai entrepreneur," kata HT saat kegiatan kuliah umum dengan tema "Manajemen Bisnis Berbasis Technopreneur" yang digelar di auditorium UMK yang dihadiri ratusan mahasiswa, Kamis (16/1/2014).

HT mengatakan, sukses tidak mengenal usia. Sudah banyak contoh anak-anak muda yang sukses di berbagai bidang kehidupan. Ia mencontohkan pendiri facebook Mark Zuckerberg. Dalam waktu sekitar 10 tahun saja, Zuckerberg sudah berhasil menyalip gurita usaha yang
dibangun Rupert Murdoch.

"Padahal Rupert Murdoch itu meneruskan usaha yang dirintis pendahulunya. Dia itu generasi kedua," tutur HT.

HT pun berbagi sejumlah kunci kesuksesan kepada ratusan mahasiswa UMK. Untuk sukses, seseorang harus memiliki kualitas tertentu. Selain itu, juga harus konsisten, selalu introspeksi, cepat dan hal-hal lain yang positif. Faktor tak kalah pentingnya adalah selalu melihat perkembangan dunia melalui piranti teknologi komunikasi.

"Usaha bisa dimulai dengan sesuatu yang kecil. Modal bisa patungan atau menggerakkan dana orang lain. Mumpung masih muda jadilah wirausahawan, jadi ketika ada kendala dan jatuh masih bisa bangkit lagi," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)