Layanan AstraWorld laris di musim hujan

Senin, 20 Januari 2014 - 18:38 WIB
Layanan AstraWorld laris di musim hujan
Layanan AstraWorld laris di musim hujan
A A A
Sindonews.com - Musim penghujan dan terjadi banjir di mana-mana, membuat permintaan order terhadap layanan Emergency AstraWorld (bengkel berjalan) mengalami kenaikan mencapai 10-15 persen dari kondisi normal.

Regional Office Head AstraWorld Jawa Tengah, Henny Nurulliati menyebutkan, di hari-hari biasa kita biasanya rata-rata permintaan di wilayah Jateng dan DIY hanya 215 layanan per bulan, kini bisa mencapai 275 layanan.

Permintaan layanan terbanyak terutama untuk evakuasi mobil yang terjebak banjir (tidak bisa distarter). Selain itu juga banyak tercatat order karena problem ban/veleg pecah karena kondisi jalan yang banyak berlubang.

"Sudah menjadi tren kalau musim hujan permintaan layanan bengkel berjalan di AstraWorld akan naik karena efek banjir, dan lain-lain. Kami perkirakan fenomena ini akan terjadi antara Januari dan Februari," katanya di Semarang (20/1/2014).

Dia menyebutkan, di wilayah Jateng-DIY, AstraWorld kini memiliki 180.000 member. Adapun layanan AstraWorld dapat diakses langsung di Kota Semarang, Solo, Jogjakarta dan Pekalongan. AstraWorld memiliki 14 mekanis, dengan armada 2 car carrier/truk gendong masing-masing di Semarang dan Jogja, serta ada 4 motor bengkel berjalan di Semarang, Solo, Jogja dan Pekalongan.

Menurut Henny, selain saat musim penghujan, permintaan Layanan Emergency AstraWorld biasanya naik pada periode Lebaran dan di bulan Desember (saat periode Liburan). Pada momentum tersebut, kenaikan order bahkan bisa mencapai kisaran 15-20 persen.

"Khusus di 2013, total customer yang menghubungi AstraWorld Semarang ada 3.104 orang, dimana yang kita bantu dengan mendatangi langsung customernya berjumlah 2.335 orang, dan sisanya dapat kita bantu via telp (dipandu)," ungkapnya.

Dari 2.335 customer yang mendapat layanan AstraWorld di 2013, lanjutnya, 56 persen ada di Kota Semarang (1.303), Solo sebanyak 22 persen (525), dan sisanya di Jogjakarta 21 persen (501). Adapun sebagian besar masalah yang dihadapi ada pada electrical (59 persen), disusul masalah engine (16 persen) dan sisanya pada Drive Train, Chassis dan Accident.

Dari sisi biaya, bagi member Astra World (customer yang membeli mobil dari Astra International) diberikan secara gratis, layanan emergency 24 jam selama 5 tahun, untuk di area coverage AstraWorld.

Untuk yang Non Member yakni ex member atau pembelian bukan dari Astra, AstraWorld tetap akan membantu dengan biaya tertentu. Misalkan khusus dalam kota untuk on site repair (perbaikan di tempat) dikenakan biaya Rp250.000, dan untuk car carrier Rp650.000.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5022 seconds (0.1#10.140)