Cuaca buruk, harga sayuran di Jombang melonjak

Senin, 20 Januari 2014 - 20:34 WIB
Cuaca buruk, harga sayuran...
Cuaca buruk, harga sayuran di Jombang melonjak
A A A
Sindonews.com - Cuaca buruk yang terjadi saat ini menyebabkan produksi pertanian terutama komoditas sayuran di berbagai daerah menurun, salah satunya di Jombang, Jawa Timur (Jatim). Akibatnya, harga sejumlah sayuran mulai melonjak.

Kondisi ini membuat cemas para pedagang di pasar tradisional Kota Jombang. Karena, harga sejumlah sayuran kini mulai merangkak naik. Di Pasar Pon Kota Jombang misalnya, harga wortel yang sebelumnya Rp6 ribu per kilogram (kg) kini naik menjadi Rp9 ribu per kg.

Untuk harga kentang yang sebelumnya hanya Rp7 ribu per kg, kini naik menjadi Rp10 ribu per kg, cabai rawit yang sebelumnya Rp13 ribu kini naik menjadi Rp20 ribu per kg dan tomat yang sebelumnya Rp2.000 per kg, naik dua kali lipat menjadi Rp4.000 per kg.

Kenaikan juga terjadi kol yang sebelumnya Rp4 ribu kini naik menjadi Rp5.500 per kg, daun sledri yang sebelumnya Rp10 ribu per kg naik menjadi Rp18 ribu per kg, dan sayur sawi yang sebelumnya Rp4.000 menjadi Rp5.000 per kg.

Heri, salah satu pedagang di pasar tersebut mengatakan, kenaikan ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Penyebabnya diduga karena banyak lahan pertanian yang rusak. "Sehingga hasil produksi sayur di daerah asalnya menurun dan stoknya di pasaran menipis," katanya, Senin (20/1/2014).

Para pedagang pun berharap cuaca akan segera membaik, sehingga produksi pertanian tidak terganggu dan perekonomian menjadi kembali stabil.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)