Bangun dua pabrik, Wika Beton siapkan Rp525 M

Selasa, 21 Januari 2014 - 16:45 WIB
Bangun dua pabrik, Wika Beton siapkan Rp525 M
Bangun dua pabrik, Wika Beton siapkan Rp525 M
A A A
Sindonews.com - Sejalan dengan upaya pengembangan bisnis perusahaan, PT Wika Beton menyiapkan dana senilai Rp525 miliar untuk membiayai rencana pembangunan dua pabrik.

Dua pabrik baru tersebut terletak di kawasan industri Krakatau di Cilegon dan Lampung Selatan. Khusus di Cilegon, pabrik ini merupakan hasil kerja sama Wika Beton dengan anak usaha PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), PT Krakatau Engineering.

Investasi pabrik di Cilegon diproyeksikan sebesar Rp175 miliar. Dana itu akan digunakan untuk membiayai seluruh proses pembangunan termasuk pembebasan lahan.

"Sedangkan sisanya untuk pembangunan pabrik di Lampung Selatan," kata Direktur Operasi I Wika Beton Fery Hendriyanto di Bebek Bengil, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Kedua pabrik ini diharapkan beroperasi tahun ini. Pabrik di Cilegon dengan kapasitas sebesar 100 ribu ton per tahun diperkirakan beroperasi pada Juli 2014. Sedangkan pabrik di Lampung, yang memiliki kapasitas awal 200 ribu ton per tahun akan beroperasi pada Agustus 2014.

Dengan adanya tambahan dua pabrik ini diharapkan total kapasitas pabrik perseroan tahun ini menjadi 2,3 juta ton per tahun.

Pembangunan dua pabrik ini sekaligus melengkapi sembilan pabrik yang sudah ada. Sebelumnya Wika Beton baru saja mengoperasikan pabrik hasil kerja sama dengan perusahaan Jepang, Mitsubishi Construction, yang dibangun di Karawang pada akhir tahun lalu.

Pabrik ini dibangun untuk mengantisipasi pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di wilayah Jakarta. Kapasitas produksi pabrik ini sebesar 75 ribu ton per tahun.

Untuk urusan pendanaan, anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) tersebut akan memanfaatkan sebagian dana hasil peanwaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0977 seconds (0.1#10.140)