Indeks awal manufaktur China jatuh

Kamis, 23 Januari 2014 - 13:06 WIB
Indeks awal manufaktur China jatuh
Indeks awal manufaktur China jatuh
A A A
Sindonews.com - HSBC Holdings Plc dan Markit Economics melaporkan, indeks awal manufaktur China mengalami kontraksi untuk pertama kalinya dalam enam bulan. Hal ini menambah tekanan terhadap perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

Pembacaan awal Indeks Pembelian Manajer (PMI) menunjukkan 49,6 poin untuk Januari 2014, di bawah angka pada akhir tahun lalu sebesar 50,5 poin. Di mana angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dan di bawah kontraksi.

Saham Asia dan dolar Australia memperpanjang kerugian karena data menunjukkan permintaan domestik dan global melemah. Sementara Bank of America Corp memperingatkan, bahwa angka mungkin telah terdistorsi oleh liburan pekerja menjelang Tahun Baru Imlek. Perlambatan manufaktur akan menambah strain yang mencakup suku bunga tinggi dan risiko default pada produk investasi tinggi.

"Fokus kebijakan harus berpihak ke arah mendukung pertumbuhan," kata Qu Hongbin, kepala ekonom HSBC China di Hong Kong, seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (23/1/2014).

"Laporan hari ini berarti pelunakan momentum pertumbuhan untuk sektor manufaktur telah membebani pertumbuhan lapangan kerja," tambahnya.

Hu Yifan, kepala ekonom Haitong International Securities Co di Hong Kong menyebut, pembacaan PMI benar-benar dramatis. "Meningkatnya biaya pendanaan menambah kesulitan dan PMI resmi juga akan menunjukkan lanjutan tren menurun," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9834 seconds (0.1#10.140)