AP I akan naikan airport tax empat bandara

Kamis, 23 Januari 2014 - 16:52 WIB
AP I akan naikan airport tax empat bandara
AP I akan naikan airport tax empat bandara
A A A
Sindonews.com - PT Angkasa Pura (AP) I pada tahun ini berencana menaikan tarif penumpang (passenger charge) atau yang biasa disebut airport tax di empat bandara dari 13 bandara yang dikelola perseroan.

"Tahun ini akan ada empat bandara yang siap naik passenger charged-nya dengan kenaikannya rata-rata sekitar 25 persen. Kami masih menunggu izin dari Kementerian Perhubungan," kata Corporate Secretary Angkasa Pura I, Farid Indra Nugraha saat dihubungi di Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Empat bandara yang dimaksud, yakni bandara di Balikpapan, Surabaya, Bali dan Makassar. Dia beralasan, fasilitas dan sarana di keempat bandara tersebut telah ditingkatkan perseron sejak tahun lalu demi kenyamanan penumpang.

Namun, untuk pengembangannya AP I telah mengeluarkan investasi cukup besar untuk pengembangannya. Dengan demikian, kata Farid, perseroan layak untuk meningkatkan harga passenger charged.

"Kami menyiapkan belanja modal sebesar Rp6,5 triliun. Anggaran investasi tersebut untuk pengembangan sejumlah bandara. Kami targetkan tahun ini ada peningkatan dari nonaero income hingga 300 persen," imbuh dia.

Seiring dengan peningkatan infrastruktur kebandarudaraan, perseroan mengharapkan adanya penambahan jumlah penumpang hingga mencapai 81,42 juta penumpang hingga penghujung tahun ini. Target tersebut meningkat 18 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 69 juta penumpang dari 13 bandara yang dikelola perseroan.

Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo sempat mengungkapkan, belanja modal tahun ini sebesar Rp6,5 triliun akan digunakan perseroan untuk pengembangan lima bandara di bawah pengelolanya.

Kelima bandara yang akan dikembangkan pada tahun ini, yaitu Bandara Sultan Hassanudin (Makassar), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Ahmad Yani (Semarang) dan Bandara Syamsudin Noor (Banjarmasin) serta pembangunan bandara baru Bandara Kulon Progo (Yogyakarta).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5441 seconds (0.1#10.140)