RI harus perkuat SDM untuk hindari middle income trap

Jum'at, 07 Februari 2014 - 11:34 WIB
RI harus perkuat SDM untuk hindari middle income trap
RI harus perkuat SDM untuk hindari middle income trap
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan M Chatib Basri mengatakan, Indonesia harus memperkuat sumber daya manusia (SDM) yang berbasis inovasi pada teknologi. Hal tersebut dinilai penting bagi Indonesia guna menghindari middle income trap (jebakan negara berpenghasilan menengah).

Chatib menegaskan, saat ini Indonesia harus melakukan persiapan agar terhindar dari jebakan negara berpenghasilan menengah.

"Middle income trap adalah isu jangka menengah dan panjang, tapi persiapannya harus dimulai sekarang," tegas Chatib dikutip dari situs Kementerian Keuangan, Jumat (7/2/2014).

Oleh karena itu, lanjut Chatib, Indonesia harus mengakhiri ketergantungannya terhadap produksi sumber daya alam (SDA) serta meninggalkan rezim upah buruh rendah. Dengan demikian, Indonesia akan menjadi negara maju berpendapatan tinggi.

"Kita harus meningkatkan peran kapasitas agar tercipta SDM yang bagus untuk mendorong produktivitas. Upaya transformasi ini harus dilakukan agar kita tidak tergantung pada raw material dan upah buruh murah," ungkap Chatib.

Pemerintah, tambah Chatib, telah menyiapkan insentif bagi perusahaan yang menyiapkan penelitian dan pengembangan SDM. Langkah tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam rangka mendukung proses transformasi industrialisasi secara gradual ke arah industri bernilai tambah tinggi.

"Pemerintah juga memberikan tax allowance untuk perusahaan yang mengadakan R&D (research and development) di Indonesia," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3744 seconds (0.1#10.140)