Tana Toraja siapkan Rp1,4 M bangun tiga pasar

Jum'at, 07 Februari 2014 - 21:07 WIB
Tana Toraja siapkan Rp1,4 M bangun tiga pasar
Tana Toraja siapkan Rp1,4 M bangun tiga pasar
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kembali akan membangun pasar tradisional di tiga kecamatan tahun ini.

"Tahun lalu kami membangun pasar di tiga kecamatan. Tahun ini kami akan membangun lagi pasar di tiga kecamatan," ujar Kepala Disperindag Kabupaten Tana Toraja, Lexianus Lintin di Makale, Jumat (7/2/2014).

Dia menyatakan, pasar yang dibangun di tiga kecamatan pada 2013, yakni pasar Kunyi di Desa Tampo Simbuang, Kecamatan Mengkendek berupa pembangunan dua unit los pedagang. Pasar Salubarani di kecamatan Mengkendek berupa pembangunan dua unit los dan pasar Patekke di Kecamatan Makale Selatan berupa pembangunan kios pedagang.

Kemudian, pembangunan pasar di tiga kecamatan itu sudah selesai dikerjakan di akhir 2013. Pada tahun ini, pasar yang akan dibangun di tiga kecamatan, yakni pasar Batu Alu Kecamatan Sangalla Selatan, pasar Rembon di kecamatan Rembon dan pasar Salubarani Kecamatan Gandang Batu Sillanan (Gandasil).

Pasar di tiga kecamatan yang akan dibangun tahun ini merupakan pasar tradisional. Selain itu, Disperindag Tana Toraja juga akan melakukan renovasi kanopi dan drainase pasar sentral Makale. Anggaran pembangunan tiga pasar dan renovasi pasar Makale yang akan dikerjakan tahun ini
bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2014 sekitar Rp1,4 miliar.

"Pembangunan pasar di tiga kecamatan tahun ini merupakan pembangunan pengembangan pasar tradisional," ujar mantan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tana Toraja itu.

Setelah pembangunan pasar selesai dikerjakan, kata Lexianus, Disperindag Tana Toraja selanjutnya akan menyerahkan pengelolaannya kepada Dinas Pendapatan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

Pada 2013, Disperindag sudah menyerahkan pengelolaan pasar di tiga kecamatan yang dibangun pada 2012 kepada DPPKAD, yakni pasar Rantetayo di Kecamatan Rantetayo, pasar Rembon Kecamatan Rembon dan pasar Butang Kecamatan Mappak.

Sementara penyerahan pengelolaan pasar di tiga kecamatan yang selesai dibangun tahun lalu masih menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kami masih tunggu hasil audit dari BPK terhadap pasar di tiga kecamatan yang dibangun 2013. Kalau hasil audit BPK menyatakan tidak ada masalah dalam kegiatan pembangunan, kami segera serahkan pengelolaannya kepada DPPKAD," katanya.

Pihaknya menargetkan, pembangunan pasar di tiga kecamatan tahun ini akan dimulai paling lambat April. Pasalnya, rekanan yang akan melaksanakan pembangunan harus melalui proses tender. Diharapkan, pembangunan pasar di tiga kecamatan tahun ini juga bisa selesai tepat waktu atau paling lambat akhir tahun anggaran 2014.

Meski jumlah pasar di Tana Toraja baik pasar tradisional maupun pasar desa jumlahnya sudah banyak, namun pemkab Tana Toraja akan mengembangkan pasar yang ada di wiayahnya. Pasalnya, pembangunan dan pengembangan pasar merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan masyarakatnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2270 seconds (0.1#10.140)