KAI siap buka rute Semarang-Solo besok

Jum'at, 14 Februari 2014 - 17:25 WIB
KAI siap buka rute Semarang-Solo besok
KAI siap buka rute Semarang-Solo besok
A A A
Sindonews.com - PT KAI Daop IV Semarang akan membuka dua rute baru perjalanan kereta api (KA). Pertama Semarang-Solo PP dan pengoprasiannya bakal dimulai pada Sabtu (15/2/2014) di stasiun Purwosari.

Selang dua hari atau tepatnya Senin (17/2/2014) Daop IV akan membuka rute Semarang-Purwokerto PP. Kepala Daop IV Semarang, Wawan Iryawan mengatakan, untuk rute Semarang-Solo PP akan dilayani dengan Kereta Api (KA) Kalijaga berkapasitas 742 kursi.

"KA Kalijaga ini sengaja diluncurkan untuk mengakomodir tingginya kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan pada rute Semarang-Solo dan sebaliknya," kata dia, Jumat (14/2/2014).

Dia menjelaskan, untuk rute Semarang-Solo akan menempuh jarak 110 km dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. "Waktu tempuh diperkirakan sekitar dua jam 33 menit. Dan ini lebih cepat daripada melalui perjalanan jalan raya," ujarnya.

Sementara, untuk pembukaan rute Semarang-Purwokerto PP, yang akan dibukan menggunakan KA Kamandaka berkapastitas 742 Kursi. Dengan dioperasikannya KA Kamandaka, maka PT KAI mengaktifkan kembali pelayanan angkutan penumpang di jalur Purwokerto-Semarang via Prupuk Slawi-Tegal.

"Pengoperasian dua jalur baru ini juga untuk mengurangi beban jalan raya dan mengurangi kemacetan di Jawa Tengah. Orang Solo atau sekitar Purwokerto yang mau ke Semarang bisa menempuh perjalanan dengan lebih nyaman," jelasnya.

Humas PT KA Daop IV Semarang, Eko Budiyanto mengatakan, untuk KA Kalijaga jadwal keberangkatan dari Stasiun Poncol (Semarang) pukul 05.25 WIB tiba di Stasiun Purwosari (Solo) 07.58 WIB, dan sebaliknya dari Solo pukul 09.05 WIB tiba di Semarang pada pukul 10.42 WIB. Dalam perjalanannya, KA Kalijaga akan berhenti di Stasiun Solo Balapan, Gundih, Kedungjati, Semarang Tawang dan Semarang Poncol.

Sementara, untuk KA Kamandaka akan melayani penumpang dengan jadwal
keberangkatan pukul 05.00 WIB (Stasiun Purwokerto) dan tiba di Semarang Tawang pada pukul 10.00 WIB. Selanjutnya dari Semarang akan berangkat pukul 16.15 WIB dan tiba di Purwokerto 20.50 WIB.

"KA Kamandaka akan berhenti di Stasiun Bumiayu, Slawi, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Weleri, dan Semarang Poncol," katanya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5660 seconds (0.1#10.140)