AP I optimis Bandara Adi Soemarmo beroperasi besok

Rabu, 19 Februari 2014 - 15:08 WIB
AP I optimis Bandara Adi Soemarmo beroperasi besok
AP I optimis Bandara Adi Soemarmo beroperasi besok
A A A
Sindonews.com - PT Angkasa Pura I (AP I) optimis Bandara Internasional Adi Seomarmo Boyolali, bakal kembali beroperasi seperti biasa pada Kamis (20/2/2014) pagi. Hal itu menyusul proses pembersihan bandara tersebut mencapai tahap akhir.

Asisten Operasinal PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, Rini Sri Rahayu menyebutkan, proses pembersihan bandara saat ini memasuki tahap akhir.

Ia mengungkapkan, landasan pacu bandara sudah bersih dari abu vulkanik sisa erupsi Gunung Kelud beberapa waktu lalu. Selain itu beberapa titik seperti apron, taxi way, lapangan parkir akan rampung sore ini.

Ia mengatakan, jika tidak ada halangan maka bandara tersebut dapat kembali beroperasi sesuai dengan anjuran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yakni pada Kamis pagi.

"Batas waktu yang diterapkan Kemenhub adalah Kamis pagi pukul 07.00 WIB dan kami optimis bandara akan kembali beroperasi secara normal setelah waktu penutupan selesai," ucapnya, Rabu (19/2/2014).

Ia menambahkan, dalam pembersihan tahap akhir ini pihaknya juga melibatkan pihak TNI Angkatan Udara, petugas SAR dan juga Pemadam Kebakaran dari Kabupaten Boyolali serta Pemerintah Kota Solo. Dengan bantuan tersebut pihaknya optimis bandara akan ersih 100 persen sebelum masa penuntupan selesai.

Sementara beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut juga mengaku siap mengeoperasikan pesawat mereka pada Kamis pagi. Kesiapan tersebut termasuk empat pesawat yang terparkir di bandara tersebut yang sebelumnya tertutup abu vulkani Gunung Kelud.

Branch Manager Kalstar Aviation, Mohammad Ridwan menyebutkan, rencananya penerbangan pada Kamis pagi tersebut bakal diisi 100 persen penumpang. Menurutnya penumpang tersebut merupakan penumpang yang sebelumnya gagal terbang akibat dititupnya bandara pada akhir pekan lalu.

Marketing & Sales Manager Garuda Indonesia Solo, Endhy Latief mengatakan, seluruh pesawatnya yang bakal melayani rute ke bandara tersebut sudah siap. Pihaknya mengatakan tingkat keterisian dari lima pesawat yang melayani rute itu juga cukup tinggi yakni 75 persen.

"Penumpang cukup tinggi dan pesawat yang terparkir sejak pekan lalu juga sudah siap," tegasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9731 seconds (0.1#10.140)