Tonasa pemasok kedua Semen Indonesia

Rabu, 19 Februari 2014 - 18:49 WIB
Tonasa pemasok kedua Semen Indonesia
Tonasa pemasok kedua Semen Indonesia
A A A
Sindonews.com - Semen Tonasa masih menjadi pemasok kedua dalam Grup Semen Indonesia di bawah Semen Gresik. Saat ini kapasitas produksi Semen Tonasa mencapai 7,8 juta ton.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Semen Indonesia Group, Harry Soebadyo mengatakan, secara keseluruhan produksi Semen Indonesia mencapai 29,5 juta ton. Dengan kapsitas tersebut, pihaknya mengkalim sudah dapat menutupi kebutuhan domestik.

"Untuk ekspor kapasitas kita Kecil. Yang utama bagi kami bagaimana kebutuhan dalam negeri terpenuhi," katanya, Rabu (19/2/2014).

Karena itu, saat ini yang menjadi fokus adalah stabilisasi produksi dan penjualan semen di masyarakat. Dikhawatirkan, apabila perusahaan plat merah tidak aktif berkompetisi, akan menyebabkan lonjakan harga di masyarakat yang dilakukan oleh kompetitor pabrik semen swasta.

Selain itu, lanjut dia, ke depan pihaknya berupaya untuk menggandeng perusahaan-perusahaan besar lainnya, seperti PT Krakatau Steel (Persero) untuk lebih mengefisiensikan biaya dan waktu pendirian pabrik semen.

Menurutnya, limbah dari Krakatau Steel dapat dimanfaatkan kembali untuk dijadikan semen ketika dicampur dengan bahan pembuatan semen.

"Limbah Krakatau Steel bisa dicampur sebagai bahan semen sehingga bisa menekan biaya kalau kita mendirikan pabrik. Tapi itu butuh waktu lama, sekitar enam sampai delapan tahun ke depan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3276 seconds (0.1#10.140)